HUKUM  

Aceh Urutan Keenam Penyalahgunaan Narkoba

banner 120x600

Foto : Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH didampingi Plt. BNN Kota Langsa, AKBP Werdha Susetyo, SE.

Langsa, haba RAKYAT | Provinsi Aceh menempati posisi keenam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, oleh sebab itu mari bersama-sama hilangkan peringkat tersebut sampai ke tingkat zero narkoba, dalam memerangi narkotika, seluruh sektor harus tersentuh program P4GN termasuk sektor pendidikan.

Plt. Kepala BNN Kota Langsa, AKBP Werdha Susetyo, SE, saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para penggiat Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) bagi pelajar Kota Langsa, di Aula Tirta Vitra Raya, Jumat (23/9).

“Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh BNN dan Puslitkes UI memperlihatkan bahwa usia yang paling rentan terhadap penyalahgunaan narkotika adalah usia remaja dimana sering ditemukannya kasus terkait penyalahgunaan ganja dan obat penenang, salah satu biang kerok penyebab penyalahgunaan tersebut adalah rasa ingin tahu yang tinggi dan rasa ingin coba-coba terhadap hal baru,” tegas Werdha.

Kendati begitu, dalam mencegah dan menangani perihal tersebut maka BNN Kota Langsa mengajak peserta untuk menyatukan barisan agar tidak ada ruang kosong bagi masyarakat terutama kalangan remaja agar terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dengan edukasi program P4GN secara masif di sekolah.

“Mari kita bersama-sama ciptakan sekolah yang kondusif dan nyaman, agar para pelajar merasa senang dan aman ketika berada disekolah sehingga mereka tidak mencari kesenangan atau aktualisasi diri di tempat yang salah,” pintanya.

Sementara itu Ketua Panitia, Sub. Koordinator Sie P2M BNN Kota Langsa, Cut Maria, S.Sos, didampingi Humasnya, Islamsyah MTA ST, menyatakan para peserta yang ikut dalam Bimtek ini akan menjadi agen of change atau agen perubahan untuk P4GN di lingkungan sekolahnya masing-masing.

Adapun peserta yang ikuti 25 peserta dari kalangan pelajar tingkat SMA sederajat dalam wilayah Kota Langsa dan kegiatan ini berlangsung dua hari sejak Kamis – Jumat (22-23/9).

Untuk narasumber kehormatan hadir Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH dan pemateri lain Kacabdin Wilayah Langsa, Drs Muhammad Daud, MM, dr Donni Mulizar, Neni Listia Dewi SPd dan Brigadir Rudi Suwito. (HR 02 / Sukri Asma)

banner 325x300