Awal Tahun Ajaran Baru, Inilah Serangkaian Kegiatan SMAN 1 Blangkejeren

banner 120x600

Gayo Lues, haba RAKYAT | Bulan Juli adalah awal tahun ajaran baru bagi semua sekolah di seluruh Indonesia dan tidak pula ketinggalan bagi SMA N 1 Blangkejeren. Pada bulan Juli tahun ajaran 2022-2023 ini SMA N 1 Blangkejeren memulai awal tahun ajaran dengan penuh semangat dan tentunya dengan program kegiatan yang sudah disusun sesuai jadwal yang telah disepakati bersama.

Selama lebih kurang dua minggu SMA N 1 Blangkejeren memulai awal tahun ajaran dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi siswa selain proses belajar mengajar tentunya para siswa dibekali dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang beragam.

Kepala SMAN 1 Blangkejeren Ibu Aguswati Gulo, S. Pd., M. Pd yang kami jumpai di kantornya, Jum’at (29/07/22) mengatakan, pada tahun ajaran baru diawali dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru yang diselenggarakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 18-20 Juli 2022. Kegiatan tersebut dimotori oleh OSIS yang dengan penuh semangat membekali adik kelasnya dengan mengisi materi-materi MPLS yang bermanfaat dan bermakna, bekerja sama dengan berbagai pihak serta mengundang pemateri dan pengisi kegiatan dari luar sebagai mitra sekolah seperti BNN, TNI (Babinsa), dan polri (Bhabinkamtibmas)

Dengan kegiatan tersebut kepala sekolah berharap siswa baru nantinya bisa memulai belajar dengan tekun, baik dan bersemangat. Dalam kegiatan MPLS ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada siswa prestasi TK nasional yaitu atas nama silawarti kelas XI MIPA yang berhasil memenangkan lomba KSBN ( kompetisi sains berstandar nasional) dengan meraih 3 medali untuk 3 cabang yaitu matematika ( perak), ekonomi (perunggu), biologi ( perunggu). Penghargaan ini langsung diberikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Kabupaten Gayo Lues Bapak Basri, S. Pd dengan didampingi oleh kepala sekolah dan dewan guru serta disaksikan oleh seluruh siswa siswi SMA N 1 Blangkejeren.

Dalam kesempatan itu Kacabdin berharap Silawarti yang meraih prestasi bisa menjadi penyemangat dan contoh bagi siswa lainnya untuk terus maju dan mengikuti setiap kegiatan yang diadakan baik tingkat kabupaten bahkan Nasional. Diakhir sambutannya beliau berpesan kepada seluruh siswa guru dan semua warga sekolah untuk terus mengasah kemampuan ilmu pengetahuan dizaman yang serba teknologi seperti sekarang ini supaya SMA N 1 Blangkejeren bisa terus mempertahankan prestasi ini dan menjadi sekolah favorit di kabupaten Gayo Lues.

Selain itu kepala sekolah berharap MPLS yang diadakan selama 3 hari ini bisa menjadikan siswa baru lebih saling mengenal sekolah nya terutama guru dan sesama siswa teman-teman nya sehingga proses belajar bisa berjalan dengan maksimal.

Setelah selama 3 hari MPLS ditutup dengan bhakti sosial mengunjungi korban kebakaran di Dusun Buntul Tajuk, Desa Bustanussalam, Kecamatan Blangkejeren. Dalam kesempatan itu OSIS dan Rohis SMA N 1 Blangkejeren berhasil mengumpulkan sumbangan dari seluruh siswa dan guru keluarga besar SMA negeri 1 berupa uang tunai Rp.1.717.000 , Beras 4 kaleng (sekitar 64 kg), pakaian seragam sekolah dan pakaian pakaian lainnya yang layak pakai juga buku buku alat tulis untuk keperluan sekolah bagi siswa yang terkena musibah kebakaran.

Setelah selesai kegiatan MPLS dan Bhakti Sosial kegiatan selanjutnya adalah serahterima siswa baru dari orang tua (komite) kepada pihak sekolah yang diadakan pada hari Kamis 21 Juli 2022 . Dalam kegiatan ini seluruh orang tua siswa baru hadir kesekolah bersama anaknya, dalam kesempatan ini kepala sekolah menyampaikan program program sekolah juga seluruh kegiatan kegiatan yang ada disekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap awal tahun dengan melestarikan adat tradisi daerah Gayo Lues yaitu ketika orang tua ingin menyerahkan anaknya kepada guru untuk dididik menuntut ilmu maka orang tua melakukan seremonial dengan membawa pulut/ ketan untuk disulangkan kepada anaknya dihadapan gurunya sambil mengucapkan kalimat-kalimat doa dan serahterima kepada guru disekolah.

“Diharapkan dengan acara serah terima ini bisa menjadi awal kerjasama yang baik antara orang tua dan pihak sekolah demi kelancaran pendidikan anaknya kedepannya,” ujar Ibu Aguswati.

Pada acara tersebut hadir juga Ketua Komite Sekolah bapak Abdul Manaf, SE, beliau berpesan kepada para orang tua agar terus menjalin kerjasama dan koordinasi dengan pihak sekolah demi kelancaran proses belajar anak-anak. Beliau berharap setiap orang tua bisa terus mendukung seluruh program sekolah dengan berbagai cara baik itu dukungan moril maupun materil.

Ibu aguswati gulo sebagai kepala sekolah berharap para orang tua terus mendukung dan mengawasi anak-anaknya, karena saat ini banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh para orang tua dalam mendidik dan mengawasi anak-anaknya, beliau juga berpesan agar para orang jangan lengah dalam mengawasi anak menggunakan media sosial, karena selain mempunyai pengaruh positif juga memiliki pengaruh negatif.

Ibu Agus melanjutkan, pada awal tahun ajaran ini juga SMA Negeri 1 Blangkejeren berhasil mengirimkan kontingen anggota Paskibraka ke tingkat Kabupaten Gayo Lues sebanyak 9 orang untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera merah putih pada upacara peringatan HUT RI Ke-77 Pada 17 Agustus nanti

“Dari seluruh sekolah TK SMA se-kabupaten Gayo Lues ada sebanyak 26 orang petugas pengibar bendera merah putih yang terseleksi dan 9 orang diantaranya berhasil diraih oleh siswa siswi SMA N 1 Blangkejeren,” tutup Ibu Aguswati. (Hasanudin)

banner 325x300