banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

BAN PDM Aceh Selenggarakan Sosialisasi Akreditasi PAUD, Kadisdikbud dan Kakan Kemenag Pidie Sebagai Pemateri

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN PDM) Aceh, Jum’at (03/05/2024) menyelenggarakan Sosialisasi Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan yang berlangsung di aula Disdikbud Pidie ini diikuti oleh 40 Kepala Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) se-Kabupaten Pidie.

Selain dari BAN PDM Aceh, Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem, S.Pd., M.Pd., dan Kakan Kemenag Pidie, Drs. Abdullah AR, M.Ag., juga sebagai pemateri pada kegiatan tersebut.

Dalam penyampaian materinya dihadapan peserta, H. Yusmadi Kasem memaparkan strategi Disdikbud Pidie dalam peningkatan dan pencapaian akreditasi PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) tahun 2024.

Data disampaikan oleh Kadisdikbud, jumlah lembaga PAUD dan PNF di Pidie, yaitu TK 178 lembaga, KB 93 lembaga, TPA 4 lembaga, PKBM 6 lembaga, dan SKB 1 lembaga.

“Dari data tersebut, yang sudah terakreditasi meliputi TK 52 lembaga, KB 16 lembaga, PKPM 2 lembaga, dan SKB 1 lembaga”, sebut Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem.

Dituturkan Kadisdikbud, ada tiga strategi dalam peningkatan dan pencapaian akreditasi PAUD dan PNF tahun 2024 ini, dimana strategi 1 yaitu peningkatan partisipasi , strategi ke 2 yaitu pencapaian akreditasi, dan strategi ke 3 yaitu kolaborasi dan kemitraan.

Adapun langkah- langkah yang sudah ditempuh Disdikbud Pidie dalam peningkatan partisipasi akreditasi, kata H. Yusmadi Kasem, antara lain,

  1. Bersama Bunda PAUD dan Pengawas melakukan sosialisasi PAUD yang berkualitas (Berstandar Nasional).
  2. Pendataan lembaga PAUD yang masuk dalam progres akreditasi tahun 2024.
  3. Membuat WAG yang terdiri dari unsur dinas, pengawas, dan kepala lembaga.
  4. Bertujuan untuk memudahkan komunikasi antara dinas, pengawas, dan lembaga yang akan diakreditasi.
  5. Bersama pengawas melakukan pembinaan cara melakukan pengisian aplikasi simpena kepada lembaga yang masuk dalam progres tahun 2024.
  6. Bersama pengawas melakukan monitoring terhadap perkembangan dalam pengisian simpena.
  7. Untuk mempercepat proses pengisian, dinas bersama operator dan pengawas turun ke wilayah PKG untuk membantu langsung pengisian simpena.
  8. Pengawas biasanya menghubungi langsung jika lembaga tidak hadir dalam acara pengimputan simpena.

“Demikian langkah- langkah yang sudah ditempuh Disdikbud Pidie dalam rangka peningkatan partisipasi akreditasi PAUD dan PNF, yang kita paparkan pada kegiatan sosialisasi akreditasi oleh BAN PDM Aceh”, ungkap H. Yusmadi Kasem.(AA/hR)

banner 325x300