banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Berdayakan Perempuan Untuk Peningkatan Produktivitas Ekonomi, LKP MP Leguna Bersama DP3AKB Pidie Gelar Pelatihan Pengolahan Perikanan dan Buah

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Dalam pemberdayaan perempuan untuk peningkatan produktivitas, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) MP Leguna Pidie bersama
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Pidie, melaksanakan Pelatihan Pengolahan Perikanan dan Buah, Kamis (16/05/2024) bertempat di Aula Yayasan MP Generation, Keuniree, Pidie.

Pelatihan bagi perempuan ini yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan untuk mengembangkan diri, profesi, dan mandiri dalam berusaha.

Anggaran pelaksanaan ini sendiri berasal dari Program Hibah Pemerintah Pidie Tahun 2024 pada DP3AKB Kabupaten Pidie.

Pimpinan YPM Generation yang mewadahi LKP MP Leguna, Mellia Septiana, S.Com dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 20 Peserta pelatihan Pengolahan Ikan dan Buah.

Sekaligus pada pembukaan juga dihadiri oleh 20 peserta pelatihan tatarias, yang nantinya dalam pelatihan dan praktek antara peserta kedua kegiatan ini dipisahkan, atau masing-masing kegiatan, jelas Mellia Septiana.

“Pelatihan ini tidak hanya diajarkan dasar- dasar mengolah Ikan dan Buah tetapi juga dibekali analisa bisnis hingga siap menjadi wirausaha”, ujar Mellia Septiana.

Peserta pelatihan perempuan berusia antara 16-35 tahun. Kita titik beratkan agar setelah pelatihan ini semua bisa mandiri sesuai bidangnya masing-masing, kata Mellia Septina, pada acara yang dipandu oleh MC Jefry Gunawan.

Untuk materi pelatihan yang berlangsung selama 12 hari, nantinya akan dibagi kedalam teori dan praktek, 30 persen materi fokus di kewirausahaan, dan 70 persen praktek vokasi bidang nya masing-masing, terang Pimpinan YMP Generation.

“Peserta pelatihan diutamakan anak tidak lanjut sekolah, ataupun tidak bekerja. Peserta pelatihan nantinya akan mendapatkan sertifikat keterampilan”, demikian Mellia Septina.

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan Pelatihan yang mewakili Pemkab Pidie, Kabid Pemberdayaan Perempuan DP3AKB Pidie, Levi Ambara, S.E., sangat mengapresiasi peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

Kabid berharap agar kegiatan pelatihan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan menambah pengalaman dalam hal digitalisasi bisnis, untuk selanjutnya diimplementasikan oleh seluruh pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

“Dengan pelaksanaan pelatihan ini kita berharap mampu mendidik calon pelaku usaha pemula yang kreatif dan mampu menghasilkan produk produk kreatif yang bisa bersaing dengan produk luar negeri”, pinta Kabid Pemberdayaan Perempuan DP3AKB Pidie, Levi Ambara.

Sementara itu, Kadis Perindagkop UKM Pidie, Cut Afrianidar, S.H., M.S.I., yang juga salah seorang nara sumber pada kegiatan itu, menjelaskan bahwa telah ada kebijakan dari pemerintah terkait program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

“Peserta pelatihan untuk serius mengikuti kegiatan pelatihan ini, sehingga nantinya mampu menciptakan lapangan kerja dan mampu menciptakan produk-produk yang bisa bersaing di pasar dunia usaha”, harap Cut Afrianidar.

Halnya Ketua Kadin Pidie, Muhammad Junaidi, S.P., dalam penyampaiannya saat pembukaan acara, mengajak para peserta pelatihan untuk serius mengikuti pelatihan sampai selesai. Sehingga diakhir kegiatan para peserta bisa menciptakan Ons Man One Prodak (Satu Orang Satu Produk).

“Pelatihan ini sangat berguna bagi pelaku usaha, sehingga usaha kita bisa dipromosikan lewat digitalisasi atau secara online”, sebut Muhammad Junaidi.

Hadir juga pada pembukaan kegiatan pelatihan tersebut, Ketua PPS W Aceh, Kabid pada Diskominsa Pidie, serta Wakil Ketua KADIN Pidie, Ibrahim Syamaun.(AA/hR)

banner 325x300