banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Bunda Literasi Bersama Plt Sekda Dampingi Pj Bupati Pidie Buka Lomba Berhitung FT ke-29 USK

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT |
Penjabat Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., didampingi Bunda Literasi Pidie, Ny. Suaidah Sulaiman, serta Plt. Sekda Pidie, Drs. Samsul Azhar, menghadiri sekaligus membuka Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) ke-29 Universitas Syiah Kuala (USK) 2023, Minggu (03/09/2023), di Pidie Convention Center (PCC) Sigli.

Lomba berhitung yang dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Teknik USK Banda Aceh ini diikuti siswa- siswi tingkat SD/MI dan SMP/MTsN dalam Kabupaten Pidie.

Bersama Pj Bupati, Ir. Wahyudi Adisiswanto, Bunda Literasi, Ny, Suaidah Sulaiman, yang juga Pj Ketua TP-PKK dan Plt Sekda, Drs. Samsul Azhar, turut juga hadir Plt Ketua DWP Pidie, Ny. Saptati Rengganis Samsul Azhar, Sp., para pengurus TP-PKK dan DPW, para pejabat Disdikbud dan Kankemenag, serta para staf Bagian Prokopim Setdakab Pidie.

Disampaikan Wahyudi Adisiswanto dalam sambutannya dan arahannya, Sungguh merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Pidie atas partisipasi mahasiswa mahasiswi FT USK dalam menyelenggarakan kegiatan positif di bidang keilmuan ini.

Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi pelajaran bagi siswa-siswi semua.

Kewajiban menuntut ilmu telah diterangkan dalam Al-Quran dan Hadits. Belajar merupakan sebuah kewajiban bagi setiap manusia, karena dengan belajar manusia bisa meningkatkan kemampuan dirinya.

Dengan belajar, manusia juga dapat mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak ia ketahui dan dalam agama Islam sudah dijelaskan keutamaan bagi para penuntut ilmu.

Allah SWT menerangkan anjuran untuk menuntut ilmu di dalam Al-quran Surah Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya : “Hai orang-orang beriman, apabila dikatakan kepadamu : Berlapang lapanglah dalam majlis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu.

Dan apabila dikatakan : Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang orang yang beriman diantaramu dan orang orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dalam sebuah Hadits pun disebutkan tentang keutamaan mempelajari ilmu pengetahuan dalam Islam, Rasulullah SAW bersabda : Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga. (HR. Muslim, No. 2699).

Kiranya ini menjadi acuan bagi kita untuk dapat belajar terus dan kita tingkatkan dengan berbagai macam cara baik melalui membaca, menulis, mengikuti pengajian, kursus- kursus dan sebagainya.

Semua adik-adik harus butuh kecakapan yang optimal untuk menghadapi kemajuan ke depan yang sangat kompetitif.

Pemerintah Kabupaten Pidie sangat mendukung program program ekstra kurikuler yang seperti ini, karena sangat membantu dalam pengembangan potensi para pelajar di daerah ini. Lebih-lebih untuk kegiatan uji kemampuan berhitung yang dimotori oleh mahasiswa Fakultas Teknik USK pada hari ini.

Siswa-siswi merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan fisik yang kuat, dengan dilaksanakannya kegiatan pada hari ini diharapkan dapat terjalinnya silaturrahmi antar siswa dan menjadi ajang untuk menggali potensi siswa.

Saya juga berharap kegiatan ini tidaklah semata mata untuk memperoleh juara, akan tetapi untuk melihat sejauh mana prestasi dan bakat siswa-siswi di Kabupaten Pidie, demikian harapan Pj Bupati diakhir penyampaiannya.

Sementara itu, Bunda Literasi, Ny. Suaidah Sulaiman juga menyampaikan harapan yang sama. Ia sangat mendukung program dari FT USK tersebut. Hal ini sejalan dengan upaya upaya yang tengah dilakukan oleh Pemkab Pidie dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, yang dimulai dari anak usia dini hingga kejenjang yang lebih tinggi.(AA/hR)

banner 325x300