DAERAH  

Bupati Tapsel Resmikan: Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD)

banner 120x600

TAPSEL – haba RAKYAT l Bertempat di Aula lantai III Kantor Bupati Tapanuli Selatan, dipimpin Bupati Dolly Pasaribu bersama bank Sumut, Pemkab Tapsel resmi meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah atau disebut KKPD.

Dalam sambutannya, Bupati Dolly mengapresiasi dengan dilunchingnya inovasi digital KKPD, menurutnya hal itu sangat mempengaruhi transparansi, akuntabilitas pengelolaan keuangan dan percepatan perluasan digitalisasi di Tapsel.

“Inovasi ini sangat memberi kemudahan bagi kita didalam percepatan pelaksanaan kegiatan pada OPD yang bersangkutan, karena pelaksanaan kegiatan tidak harus menunggu uang dari bendahara pengeluaran untuk melaksanakan kegiatannya,” sebut Dolly.

Dolly menambahkan, KKPD sangat memberikan kemudahan bagi percepatan peredaran uang kepada masyarakat, disamping itu Dolly menyarankan, tetap waspada, mengendalikan diri sendiri agar penggunaan kartu kredit nantinya sesuai dengan aturan maupun DPA yang telah ditetapkan pada APBD demi pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik kedepan, kata Dolly.

“Dalam hal pengembangan transaksi non tunai di lingkungan Pemkab Tapsel, kiranya agar terus dilakukan pengembangan, dalam hal digitalisasi pembayaran, mulai dari pemanfaatan dompet-dompet digital untuk kemudahan pembayaran pajak dan retribusi daerah termasuk dengan memanfaatkan QRIS untuk pembayaran retribusi pada aset-aset Tapsel,” kata Dolly.

Disisi lain, Kepala Bagian (Kaban) Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Tapsel, M. Frananda menjelaskan, KKPD hadir digunakan untuk melakukan pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD, dengan catatan bersangkutan membuat kesepakatan yang syah dengan Bank penerbit kartu kredit.

“Nah, transaksi berjalan setelah bersangkutan ada izin dari bank penerbit kartu kredit sesuai dengan kewajibannya pada waktu yang disepakati, maka satuan kerja perangkat daerah berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban pembayaran pada waktu yang disepakati dengan pelunasan pembayaran secara sekaligus,” terangnya.

Frananda juga menyebutkan, “Kemudahan dari penggunaan KKPD itu diantaranya Fleksibel, Aman, Efektif, dan Akuntaber”.

“Intinya, pemakaian kartu kredit ini dijamin aman, efektif, dan pemakaiannya lebih luas, dan bisa dilakukan di seluruh mechant yang menerima pembayaran mesin Electronik Data Capture (EDC),” katanya.

Lanjut Frananda menyebutkan, “Pembentukan KKPD telah disepakati, tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Penggunaan dan Penyelenggaraan Kartu Kredit Pemerintah Daerah”.

Terima kasih kami ucapkan kepada PT Bank Sumut, yang telah mendukung dalam pengembangan sistem pembayaran kartu kredit pemerintah daerah ini,” tutup Frananda.

(Rahmat Nduru)

banner 325x300