Cegah Polio, Dinkes Pidie Gencar Sosialisasikan Imunisasi

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Belum sepekan ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus Polio, Dinkes Pidie bersama Puskesmas jajarannya gencar mensosialisasikan imunisasi Polio bagi anak usia 0-12 tahun.

Sosialisasi ini guna memberi pemahaman (edukasi) kepada masyarakat, selaku orang tua anak, akan pentingnya imunisasi agar anak-anak mereka terhindar dari Polio.

Imunisasi dengan pemberian vaksin polio bagi anak, menjadi fokus utama Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie, mengingat Polio merupakan penyakit yang sangat berbahaya, dapat menyebabkan lumpuh layuh dan cacat seumur hidup, apalagi sampai saat ini belum ditemukan obat untuk penderita Polio.

Satu-satunya cara adalah pencegahan dengan imunisasi, berupa pemberian vaksin Polio, untuk menjaga imun tubuh terhadap serangan penyakit tersebut.

Upaya-upaya yang sedang dilakukan Dinkes, melalui Puskesmas, Pustu serta Posyandu, bersama Forkopincam dan perangkat gampong, dengan mengedukasi masyarakat, agar para orang tua anak memahami pentingnya imunisasi Polio.

Sebaran brosur, spanduk, baliho juga terlihat dimana-mana. Selain itu, siaran keliling dan pertemuan- pertemuan dengan tim kesehatan pun gencar dilakukan, demi mencegah meluasnya Polio, dimana sebelumnya ditemukan 4 kasus Polio di Pidie.

Informasi dari Kadinkes Pidie, dr Arika Husnayanti Aboebakar, Sp.OG (K), melalui Jubir Tim Gerak Cepat (TGC), dr Dwi Wijaya, bahwa Vaksin Polio untuk Pidie dari Kemenkes RI sudah tiba, dan Senin 28/11/2022 pagi akan dilakukan imunisasi massal bagi anak usia 0 sampai 12 tahun.

Kegiatan ini dipusatkan di Alun-alun Sigli, dihadiri langsung oleh Pj Bupati Pidie, Ir H. Wahyudi Adisiswanto, kegiatan sama juga serentak di Puskesmas-Puskesmas, Pustu dan Posyandu dalam Kabupaten Pidie. (AA/hR)

banner 325x300