DAERAH  

Dana Desa Tahap I Rp. 28 Miliar Kota Langsa,  Tuntas

banner 120x600

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMG) Kota Langsa, Al Azmi S.STP, MAP. Foto : Eddyanto/haba RAKYAT

LANGSA – haba RAKYAT | Seluruh Gampong (66 gampong) dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa sudah menuntaskan pencairan Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2024 senilai Rp. 28.618.481.600 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Dua gampong terakhir yang menuntaskan pencarian DD pada Selasa 16 April 2024 adalah Gampong Sungai Pauh Tanjong, Kecamatan Langsa Barat dan Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama.

Pj Wali Kota Langsa, Syaridin melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMG) Kota Langsa, Al Azmi SSTP, MAP  mengatakan, “Kota Langsa merupakan kota tercepat di Aceh yang pada hari ini 66 gampong di Kota Langsa sudah tuntas menyelesaikan pencairan Dana Desa Tahap I di Kota Langsa untuk tahun 2024, sebesar Rp. 28.618.481.600 dari anggaran bersumber dari APBN Tahun 2024 dimana secara total anggaran tersebut sebesar Rp. 56.989.166.000”.

“Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tinggi kepada geuchik dan jajaran pemerintah gampong dalam wilayah Kota Langsa yang telah melakukan pencairan Dana Desa Tahap I sumber APBN Tahun 2024 di Kota Langsa,” ucap Azmi.

Lanjutnya, apresiasi juga kepada lima Gampong tercepat salur pada bulan Februari 2024 yang lalu meliputi Gampong PB. Blang Pase, Gampong Baro, Gampong Alue Dua, Gampong Karang Anyer dan Gampong Timbang Langsa.

Lalu, tidak lupa juga ucapan terimakasih kepada KPPN, BPKD, Camat, Tenaga Ahli (TA), Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) serta unsur pemerintah gampong, unsur terkait lain yang telah membantu proses pencairan dana desa tepat waktu.

Dalam kesempatan ini, pihaknya minta geuchik agar dana desa yang telah dicairkan dapat dimanfaatkan dan dipergunakan dengan baik, sesuai sesuai program yang tertuang dalam APBG masing- masing gampong dan selanjutnya gampong yang sudah merealisasikan anggaran tahap I tersebut, agar segera mengajukan proses pencairan tahap II atau terakhir sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku,” pesan Al Azmi.

Dengan sisa anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 28.370.685.600 lagi diminta pemerintah gampong yang ada di Kota Langsa, agar terus mempercepat pengajuan untuk tahap II, karena untuk tahun ini hanya ada dua tahap.

Di tahun ini ada dua tahap pencairan dalam rangka percepatan realisasi dan penggunaan anggaran dana desa Tahun 2024 di Kota Langsa yang sangat dibutuhkan penggunaannya dalam pembangunan gampong dan pemberdayaan serta pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bagi kesejahteraan masyarakat di Kota Langsa.

“Kami mohon gunakan Dana Desa ini sesuai skala prioritas agar dapat dirasakan manfaatnya bagi masyakarat gampong, jadilah geuchik yang amanah serta menjadi pengayom bagi warganya,” tutup Al Azmi.

Reporter: Eddyanto

Editor : Syafrizal R


banner 325x300