banner 325x300

banner 728x90

Dekranasda Aceh Selatan Gandeng UMKM Tampilkan Berbagai Produk Kreatif Pada AMFF 2024

banner 120x600

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP., selaku Pembina Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan berfoto bersama saat hadir pada pembukaan AMFF 2024 yang berlangsung sejak 24-26 Mei 2024, bertempat di Sarinah Mall Jakarta. (Foto/ hR/ Ist)

Jakarta, haba RAKYAT
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Selatan turut ambil bagian pada gelaran Aceh Muslim Fashion Festival (AMFF) yang berlangsung sejak 24-26 Mei 2024, bertempat di Sarinah Mall Jakarta.

Pada perhelatan yang digelar oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh ini, Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan menggandeng UMKM untuk menampilkan berbagai produk kreatif khas Aceh Selatan agar semakin dikenal dan memperoleh pasar yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada pasar lokal di Kabupaten Aceh Selatan maupun Provinsi Aceh saja.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, S.STP., M.Si., yang hadir pada pembukaan AMFF 2024 menyampaikan bahwa acara ini merupakan perayaan mode yang diselenggarakan Pemerintah Aceh untuk mempromosikan karya seni dan UMKM Aceh di Ibu Kota.

Selain menampilkan berbagai koleksi terbaru dari desainer Aceh, AMFF juga menjadi panggung utama bagi para desainer dan penggemar wastra mode muslim, ucap Almuniza.

Senada dengan penyampaian Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Bd. Yuliani Irvana R., S.Tr. Keb., menyambut baik pelaksanaan AMFF sebagai momentum yang tepat untuk memperluas pasar UMKM lokal yang selama ini aktif dan telah melahirkan berbagai karya kreatif dan dipasarkan di daerah, namun belum mendapat kesempatan untuk dikenal dan tampil di pasar yang lebih luas.

“Pada AMFF ini, Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan menggandeng salah satu UMKM yakni Putri Pala, yang selama ini telah melahirkan berbagai produk kreatif khususnya wastra mode muslim yang cukup dikenal di Aceh. Melalui AMFF ini kami berharap produk UMKM Aceh Selatan dapat dikenal lebih luas, tidak hanya di kabupaten Aceh Selatan atau Provinsi Aceh saja. Alhamdulillah, sejak hari pertama ini, stand Dekranasda Aceh Selatan mendapat respon yang positif, terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatangi stand kami dan membawa pulang berbagai produk kreatif yang ditampilkan”, ucap Yuliani.

Yuliana berharap, melalui pelaksanaan AMFF ini, berbagai produk khas Aceh Selatan dapat lebih dikenal, diantaranya, kain bordir dan batik juga bahan kreatif lainnya bermotif Situnjuang dan juga motif Senuwan Kluet khas Aceh Selatan yang langsung dibeli oleh salah seorang pengunjung.

“Pada kesempatan ini kami berkolaborasi dengan Putri Pala, Insya Allah, pada kesempatan lain, Dekranasda Aceh Selatan akan berkolaborasi pula dengan UMKM yang lainnya. Kita banyak menampilkan produk UMKM lainnya pada event ini. Saya berharap semoga karya kreatif berkualitas lainnya dari UMKM yang ada di Aceh Selatan juga akan punya kesempatan tumbuh bersama dan dikenal luas sehingga bisa ikut berperan aktif dalam memajukan warisan bangsa khususnya ragam budaya yang berasal dari Aceh Selatan”, tutup Yuliani.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP., selaku Pembina Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan yang turut hadir pada pembukaan AMFF 2024 memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, seraya menyambut baik AMFF sebagai event yang dapat memberikan berbagai informasi tentang produk UMKM yang pastinya akan membawa dampak terhadap penigkatan ekonomi masyarakat.

“Semoga AMFF dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan UMKM Aceh Selatan, ucap Cut Syazalisma.

Disela pengunjung yang memadati stand Dekranasda Aceh Selatan, terlihat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Almuniza Kamal, S.STP, serta mantan Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi, SE., M.Si. (Rizky Sufi Riansyah)

banner 325x300