DAERAH  

Disdikbud Pidie Gelar Pelatihan Manajerial Bagi Guru Penggerak

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pidie melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan melaksanakan kegiatan Pelatihan Manajerial bagi Guru Penggerak.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 180 Guru Penggerak dari berbagai sekolah di Kabupaten Pidie ini dilaksanakan selama 4 hari, sejak 9 hingga 12 Juli 2024.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung di Aula Saka Cafe dan Aula Cabang Disdik Provinsi Aceh ini dibuka langsung oleh Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem, S.Pd., M.Pd.

Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Pidie, Heryadi, S.Ag., M.Pd., selaku Ketua Panitia kegiatan, dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi manajerial Guru Pengerak dalam mengelola pembelajaran dan memimpin komunitas belajar.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan Guru Penggerak dapat memahami kompetensi manajerial sekolah, juga menjadi agen perubahan dalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada murid dan bisa meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pidie,” kata Heryadi dalam laporannya.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang kompeten dari Kabupaten Pidie dan Provinsi Aceh.

“Para narasumber akan memberikan materi tentang berbagai aspek manajemen sekolah, seperti Pengembangan Kurikulum sekolah, Perencanaan Berbasis Data, Analisis Rapor Pendidikan, Perencanaan Kegiatan dan Anggaran Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, serta materi penting lainnya”, sebut Kabid.

Sementara itu, dalam sambutan dan arahannya, Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem mengatakan, berharap Guru Pengerak yang mengikuti pelatihan ini dapat memahami dan menerapkan ilmu yang diperolehnya dengan sebaik- baiknya di sekolah masing-masing.

“Pemkab Pidie berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada para guru dan tenaga kependidikan, termasuk Guru Penggerak”, demikian penuturan Kadisdikbud Pidie, H. Yusmadi Kasem, saat membuka kegiatan.(AA/hR

banner 325x300