banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

DP3AP2KB dan Kodim Gelar TNI Manunggal KB Kesehatan

banner 120x600

Gayo Lues – haba RAKYAT | Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Gayo Lues bekerjasama dengan TNI menggelar kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK).

Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru membuka langsung acara TMKK tersebut di Kantor Camat Blangpegayon, Jum’at (18/03/22).

Kepala DP3AP2KB Gayo Lues Yunidar, SE mengatakan, kegiatan TMKK ini merupakan program kerjasama antara DP3AP2KB dengan TNI. Telah banyak hasil yang dicapai khususnya dalam meningkatkan pencapaian peserta asepta KB baru.

Ditengah lemahnya pelaksanaan program KB dan kritisnya penyuluh KB dilapangan, TNI tampil didepan untuk menggerakkan dan mendorong pelaksanaan KB.

“Kegiatan TMKK merupakan wujud kepedulian dan pengabdian TNI terhadap kesehatan masyarakat. Tujuan program TMKK ini adalah meningkatkan pencapaian peserta asepta KB baru, meningkatkan pembinaan keberlangsungannya peserta KB aktif meningkatkan peran dan komitmen mitra kerja di setiap tingkatan dan kebersihan pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana pembangunan keluarga,” kata Yunidar.

Sasaran TMKK adalah keluarga berencana dan keluarga reproduksi, kesehatan reproduksi remaja (KRR) pemberdayaan dan ketahanan keluarga imunisasi lingkungan kesehatan ibu dan anak. Dan komunikasi informasi dan edukasi untuk meningkatkan pencapaian sasaran program KB kesehatan perlu mendapatkan perhatian secara sungguh sungguh oleh masyarakat, lanjutnya.

Kepala BKKBN Aceh Drs. Saidal Kasri, M. Pd yang diwakili oleh Muhammad Razali mengatakan, tujuan utama program BKKBN yang sekarang programnya disingkat sebagai program Bangga Kencana singkatan dari pembangunan keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana adalah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Upaya peningkatan sumber daya manusia ini diawali dari peningkatan kualitas keluarga. Oleh sebab itu sasaran utama program kita itu adalah bagaimana kita menciptakan peningkatan kualitas keluarga itu sendiri, kata Razali.

Razali melanjutkan, berkaitan dengan kualitas keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu dari aspek kesehatan, aspek pendidikan, dan aspek ekonomi. Ketiga aspek ini berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

Masih kata Razali, berkaitan dengan program keluarga berencana mungkin sebagian dari kita beranggapan bagaimana masyarakat itu menggunakan kontrasepsi, memang benari itu suatu unsur yang penting dalam program KB tapi disamping itu juga perlu dilakukan kegiatan-kegiatan lain bagaimana meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

“Bagaimana kita bisa mengupayakan keluarga kita itu bisa memenuhi kebutuhan ekonominya, kebutuhan fisiknya, dan memantau/mendidik tumbuh kembang anak balitanya, para remajanya, dan orang tuanya,” ujarnya.

Dandim 0113 Gayo Lues Letkol Yudhi Hendro Prasetyo mengatakan, program ini merupakan program kerjasama dari TNI Angkatan Darat dengan BKKBN.

Tujuan dari TMKK ini adalah untuk mempercepat keluarga berencana. Keluarga berencana itu merupakan salah satu program pemerintah untuk mengendalikan jumlah penduduk. Apabila jumlah penduduk tidak terkendali jumlahnya, kedepannya akan timbul masalah.

“Salah satunya adalah kemiskinan, apabila perut lapar pasti akan timbul permasalahan. Seperti permasalahan keamanan dan permasalahan kesehatan. Ini akan menjadi maslaah dalam keluarga, masalah masalah dalam keluarga tidak terlepas dari kehidupan ekonomi,” kata Dandim.

Sementara itu Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru dalam pembukaan TMKK menyampaikan apresiasi dan penghormatan kepada rekan-rekan dari jajaran TNI yang begitu peduli terhadap persoalan-persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsa ini.

TNI hadir di segala lini mulai dari upaya melepaskan masyarakat-masyarakat kita dari terisolir melalui TMMD, kemudian pemberantasan kemiskinan, memberi santunan, menyelesaikan persoalan-persoalan lain, apakah itu bencana dan hal-hal yang sangat urgen TNI tampil di depan untuk menyelesaikan persoalan ini, lanjut Bupati.

Begitu juga persoalan keluarga berencana, pengaturan tentang kelahiran tanggung jawab terhadap kesejahteraan TNI begitu peduli.

“Untuk itu atas nama pemerintahan daerah Kabupaten Gayo Lues menyampaikan penghormatan dan apresiasi kepada rekan-rekan TNI. Mudah-mudahan juga dengan pembukaan TMKK ini kita bisa menjalin kerjasama lebih intens untuk menyelesaikan persoalan terutama keluarga berencana yang dihadapi oleh masyarakat kita,” kata Bupati.

Boleh barangkali kurang sempurna tapi proses dari kegiatan kita ini, kerjasama dari petugas atau koordinator petugas KB dengan petugas TNI terus dari rumah-rumah untuk mencapai hasil yang kita inginkan, baik penjarangan angka kelahiran, kemudian pencegahan stunting itu bisa berjalan dengan baik, tutup Bupati.

Hadir juga pada kegiatan tersebut diantaranya Sekdakab Gayo Lues Ir. Rasyidin Porang, Kejari Gayo Lues yang diwakili oleh Handri, SH, Kepala BNNK Fauzul Iman, ST, Asisten III Irwansyah, kepala SKPK terkait, Camat Blangpegayon Teuku Saidi Ramli, S. Pd, para Mukim dan Pengulu se-Kecamatan Blangpegayon, KUA Blangpegayon, tim penggerak PKK, dan ibu Persit KCK Cab XXVI. (Gunawan)

banner 325x300