banner 325x300

banner 728x90

Gandeng IAIN Lhokseumawe, MIN 26 Aceh Utara Gelar Workshop P5PPRA

banner 120x600

Berfoto Bersama : 25 tenaga pendidik pada MIN 26 Aceh Utara, saat mengikuti Workshop P5PPRA yang berlangsung di madrasah setempat, Selasa (04/06). (Foto/ hR/ Ist)

Aceh Utara, haba RAKYAT
Sebanyak 25 tenaga pendidik pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 26 Aceh Utara mengikuti Workshop P5PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin) yang berlangsung di madrasah setempat, Selasa (04/06).

Turut hadir pada kegiatan ini Plh. Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara H. Ruslan, S.Ag, M.Pd, Pengawas Binaan dan Pengurus Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Aceh Utara.

Selain itu, Tim Narasumber dari IAIN Lhokseumawe, yaitu Dr. Maya Safitri, MA (Ketua Jurusan PGMI), Fauziana, M.Pd (Sekretaris Jurusan PGMI), Elfiadi, M.Pd (Dosen PGMI) serta dua Mahasiswa PGMI IAIN Lhokseumawe.

Dalam sambutan dan bimbingannya, Plh Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara H. Ruslan sangat berterimakasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kami mengapresiasi dan merasa bangga terhadap pihak madrasah beserta rekan-rekan guru yang sudah memulai pelaksanaan P5PPRA,” ucapnya.

Kepada Fasilitator P5PPRA selaku narasumber dari IAIN Lhokseumawe juga disampaikannya rasa terimakasih yang tidak terhingga. “Ini sebagai salah satu upaya kita dalam mewujudkan dan mengimplementasikan merdeka belajar di madrasah,” ujar Ruslan.

Dikatakan, tentunya ini semua karena terjadinya perubahan kurikulum. Seiring dengan perubahan itulah, diikuti perubahan di dunia pendidikan. “Maka dari itu, didiklah anak-anak kita sesuai dengan masanya,” ajak Kasi PAIS Kankemenag Aceh Utara.

Sebelumnya, Kepala MIN 26 Aceh Utara Liliana, S.Pd menyampaikan, kegiatan yang digelar bagi tenaga pendidik di madrasah yang dipimpinnya ini bekerjasama dengan IAIN Lhokseumawe, bertujuan untuk Penguatan dan Pemantapan Implementasi P5PPRA. “Workshop ini merupakan bentuk kerjasama Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara dengan IAIN Lhokseumawe,” kata Kepala Madrasah ini yang acap dipercayakan tampil sebagai MC.

Sementara itu, Elfiadi, M.Pd salah seorang Dosen yang ikut bersama tim menyebutkan, ini juga merupakan sebuah pengabdian Jurusan PGMI IAIN Lhokseumawe.

Dalam kesempatan itu, pihak madrasah menyerahkan plakat kepada tim narasumber dan juga cenderamata sebagai bungong jaroe.

Para peserta Workshop dibekali dengan materi Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatal Lil ‘Alamin (P5PPRA) yang sampaikan oleh Fauziana, M.Pd (Sekretaris Jurusan PGMI IAIN Lhokseumawe)

Para guru dilatih tentang Merancang Modul P5PPRA dan cara melakukan Asesmen dari kegiatan P5PPRA. (Yoes)

banner 325x300