DAERAH  

H Akhyar Kamil Pulangkan TKW Asal Aceh Timur Yang Terlantar di Arab Saudi

banner 120x600

Aceh Timur, haba RAKYAT – Khabar miris!! datang dari Rita Zahara (26) wanita kelahiran Cot Keh Kecamatan Peureulak Kota, Kabupaten Aceh Timur yang merupakan TKW asal Aceh yang mengadu nasibnya ke Arab Saudi melalui PT. Panca. Namun naas menimpa, Rita Zahaara malah dibohongi oleh ejen yang membawa nya ke Arab Saudi, ia dikabarkan terlantar di Arab Saudi sejak bulan April 2023.

Mendengar kabar tersebut Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto H. Akhyar Kamil. SH respon cepat langsung memfasilitasi proses pemulangan Rita Zahara dari Arab Saudi ke Indonesia.

Aura kebahagiaan kembali terpancar dari raut Rita Zahara asal Aceh Timur yang sebelum nya sempat terkatung katung beberapa bulan di Arab Saudi, akhirnya TKW tersebut bisa berkumpul kembali bersama keluarga setelah H. Akhyar Kamil fasilitasi proses pemulangan nya dari Arab Saudi ke Peureulak Aceh Timur Indonesia. Selasa (22/8/2023).

Untuk diketahui, Rita Zahra adalah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) sejak Maret 2023. Sebelum ke Arab Saudi Rita dijanjikan bekerja sebagai klining service, ternyata iya dibohongi oleh ejen, dan bahkan Rita dijual ke majikan. Rita terpaksa harus melarikan diri dari rumah majikannya karena tidak tahan dengan sikap majikannya di Arab Saudi, dan sangat mengharapkan bantuan untuk bisa pulang/kembali ke Indonesia.

Hal itu diungkap langsung oleh Rita Zahra kepada awak media ini saat ditemui dirumah ibunya di Aceh Timur. “Setelah melarikan diri dari rumah majikan, saya meminta bantuan keberbagai pihak untuk dapat membantu memulangkan saya ke Aceh, namun saat itu belum ada yang mau membantu, bahkan ada yang meminta uang 50 persen untuk proses pemulangan saya ke Aceh, sedangkan saya tidak ada uang sama sekali, bagaimana bisa saya bayar 50%,” ungkap Rita Zahra dengan nada serius. Selasa 22 Agustus 2023.

Tapi saya yakin akan ada yang mau membantu saya, sampe akhirnya saya menghubungi pak H. Akhyar Kamil yang kebetulan beliau sedang berada di Arab Saudi dalam rangka menunaikan ibadah haji,” papar Rita menceritakan kepada awak media.

Berkat bantuan pak H.Akhyar Kamil, SH yang merupakan ketua umum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) saya telah tiba dirumah orang tua saya diantarkan oleh Relawan Persaudaraan Aceh Seranto perwakilan Aceh Timur,” sebut Rita.

“Alhamdullilah, pak Akhyar Kamil yang memfalisitasi pemulangan dari Arab Saudi ke Jakarta hingga ke Aceh, bahkan membelikan saya tiket pesawat dari jakarta ke Medan dan diberikan uang saku,” urai Rita Zahara kepada Zulkifli selaku Ketua DPD PAS Aceh Timur.

Saya sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan kepada saya oleh ketum PAS dan jajarannya, saya sangat bahagia telah tiba di Aceh dengan selamat, dan sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya”, ucap Rita dengan nada haru.

Ucapan terimaksih juga disampaikan oleh Tgk Nurdin pimpinan Dayah Nurul Ulum, “Kami tidak sanggup membalas atas bantuan yang sudah diberikan kepada kami, Allah lah yang akan membalasnya, semoga niat baik H.Akhyar Kamil dan teman-teman Relawan PAS di Aceh Timur akan dibalas oleh Allah SWT,” ujar Tgk Nurdin.

“Tidak mudah mengurus pemulangan Rita Zahra, saya sudah meminta bantuan beberapa pihak, termasuk kepada wakil rakyat saya mohon bantuannya, namun kata mereka itu sangat sulit, dan bahkan butuh biaya besar, tentunya itu salah satu hal yang membuat kami pihak keluarga tidak mampu untuk membawa pulang anak kami ke Aceh, tapi Allah memberikan kebahagiaan kepada kami dengan bantuan H. Akhyar Kamil, SH anak kami telah tiba di Aceh, kami sangat bersyukur,” pungkasnya.

Ketua Umum PAS Akhyar Kamil, saat dihubungi media ini di Jakarata pada. Selasa (22/08) membenarkan bahwa pihak nya membantu memfasilitasi pemulangan Rita Zahara dari Arab Saudi ke Aceh.

“Saat itu Rita Zahara menghubungi saya via telpon, menceritakan persoalan yang di hadapi ditempat ia bekerja di Arab Saudi,” ujar Akhyar Kamil.

Selanjutnya, calon DPD RI Akhyar Kamil berkordinasi dengan pihak pemerintah dan pihak lainnya, bahkan Akhyar Kamil juga berkomunikasi dengan Nasir Djamil yang merupakan anggota DPR-RI, Komisi III untuk bisa membantu mengurus semua dokumen yang di perlukan. “Setelah berkordinasi dan melengkapi semua dokumen, kini Rita Zahara sudah bertemu dan berkumpul dengan keluarga nya di Aceh”, pungkas Akhyar Kamil.

Reporter : ZAS
Editor : Raiz Azhary

banner 325x300