
Sigli,haba RAKYAT I Buku “Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan” karya Prof. Dr. Mukhlis Yunus, S.E., M.S., bersama para pakar pemasaran akan dibedah pada Jum’at 17 Oktober 2025, pukul 08.30-12.00 Wib, di Ruang Diklat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, oleh Dr. T. Meldi Kesuma, S.E., M.M. (Sekretaris USK).
Sedangkan pada waktu dan tempat yang sama, buku dengan judul Pemasaran Penerintahan: Dari Citra Hingga Kepercayaan Publik, dengan penulis Prof. Dr. Jasman J, S.E., M.B.A., bersama para pakar, akan dibedah oleh Dr. Ir. Azwar Abubakar, S.E., M.M. (Menpan-RB RI 2011-2014).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan produktivitas karya ilmiah dan publikasi buku dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK Banda Aceh.
Tentang Buku Teori Manajemen Lanjutan
Buku yang resmi diluncurkan pada Juli 2024 ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan pemahaman terhadap strategi pemasaran di era digital yang semakin kompleks.
Buku yang diedit oleh Prof. Dr. Mohammad Benny Alexandri, S.E., M.M., ini ditulis oleh Prof. Dr. Mukhlis Yunus, S.E., M.S; Prof. Dr. Abdul Rahman Lubis, M.Sc; Maulizar, S.E., M.Si; Syarifah Mathani, S.E., M.M; Muhammad Hadian Utama, S.E., M.M; dan Marzuki S.H., M.Si.
Karya ini dirancang khusus bagi akademisi, praktisi, dan profesional yang ingin memahami dinamika pasar kontemporer dengan pendekatan yang lebih strategis dan aplikatif.
Buku setebal 171 halaman ini membawa pembaca menjelajahi tujuh bab komprehensif yang mencakup seluruh spektrum manajemen pemasaran modern.
Dimulai dari overview teori manajemen pemasaran, pembahasan dilanjutkan dengan strategi memilih pasar yang kompetitif, menilai posisi kompetitif perusahaan, hingga evaluasi dan pembaharuan strategi.
Salah satu keunggulan buku ini terletak pada pembahasannya tentang analisis pasar yang detail. Para penulis menguraikan berbagai teknik dan kerangka kerja untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku pelanggan, tren pasar, dan dinamika persaingan.
Beberapa referensi memberikan wawasan berbagai metodologi untuk analisis sentimen konsumen, yang melacak sikap merek dan tren pasar.
Dalam bab tentang analisis pasar, buku ini menekankan pentingnya segmentasi pasar yang membagi pasar menjadi segmen-segmen homogen berdasarkan sikap, perilaku, dan variabel demografis konsumen.
Pendekatan ini membantu perusahaan menargetkan kelompok pelanggan tertentu secara efektif dan menyesuaikan strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Teknik analisis yang dibahas meliputi analisis pasar saham, analisis grafik visual untuk mengidentifikasi pola dalam data saham, analisis teknikal dan fundamental.
Buku ini juga membahas enam metode penting dalam menentukan pasar relevan, menganalisis permintaan primer dan selektif, menetapkan segmen pasar, menilai persaingan, mengidentifikasi pasar sasaran potensial, hingga melakukan analisis pasar secara menyeluruh.
Di tengah persaingan bisnis yang ketat, buku ini menawarkan solusi konkret dalam membangun organisasi yang digerakkan oleh pasar.
Para penulis membahas budaya organisasi, kepemimpinan dan pengelolaan perubahan, kolaborasi lintas fungsi, hingga latihan soal yang aplikatif. Pendekatan ini memastikan perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran dengan kebutuhan pasar yang terus berubah.
Dengan pendekatan yang sistematis dan komprehensif, “Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan” diharapkan dapat menjadi panduan sempurna bagi mereka yang ingin mempertajam pemahaman tentang teori dan praktik pemasaran dalam menghadapi tantangan pasar global dan revolusi digital.
Buku ini tersedia melalui CV. Mega Press Nusantara dan dapat diakses untuk keperluan akademis maupun profesional. Segera dapatkan buku ini dan tingkatkan kemampuan Anda dalam menghadapi tantangan pemasaran di era digital!.(AA/hR)
Eksplorasi konten lain dari Media haba RAKYAT
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.