banner 728x250
DAERAH  

Hadirkan 5 Ulama Besar, Muzakarah Ulama Perdana Sukses Digelar

banner 120x600
banner 468x60

Aceh Utara, haba RAKYAT | “Melalui Muzakarah Ulama, Kita Tingkatkan Pemahaman Umat Terhadap Persoalan Fiqih di Tengah-Tengah Masyarakat” merupakan tema yang diusung dalam kegiatan Muzakarah Ulama perdana yang digelar di Masjid Besar An-Nur Blangjruen, Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara.

Adapun topik yang di bahas dalam kegiatan Muzakarah Ulama pada Minggu (27)03) kemarin diantaranya masalah Zakat, Puasa, Nikah dan juga Jual/Beli.

banner 325x300

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA kepada haba RAKYAT, Senin (28/03) pagi.

H. Hamdani menyebutkan, ada lima ulama yang kita undang untuk mengisi acara ini, yaitu Tgk. H. Abdul Manan (Abu Manan Blangjruen) yang juga Ketua MPU Aceh Utara, Tgk. H. M. Jafar Sulaiman (Abi Jafar Lueng Angen), Tgk. H. M. Sufi Ibrahim (Abi Sufi Paloh Gadeng), Tgk. H. Nuruddin (Abati Buloh) dan Tgk. H Zainuddin (Abi Doi Bayu).

Muzakarah masalah keagamaan sebuah kegiatan yang sangat penting dalam kaitannya dengan pelaksanaan Syariat Islam. Hasil dari kegiatan ini merupakan sumbangsih besar dari para ulama kita. “Perkembangan masyarakat dewasa ini dipengaruhi oleh globalisasi. Banyak permasalahan baru yang muncul, termasuk yang berkaitan dengan persoalan fiqih dalam pelaksanaan syariat Islam,” imbuhnya.

Kini katanya, semakin beragamnya problematika yang dihadapi masyarakat, sehingga munculnya perbedaan pemahaman atau hukum yang menyebabkan perselisihan pendapat yang tidak berkesudahan ditengah-tengah umat. Oleh karena itu, tentunya perlu dilaksanakannya muzakarah ulama.

Atas nama panitia, dirinya berterimakasih kepada para donatur dan segenap masyarakat yang telah membantu menyukseskan kegiatan muzakarah ulama se-kecamatan Tanah Luas.

Kegiatan ini dibuka Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib, diwakili Plt. Setda Aceh Utara Dayan Albar, S.Sos, MAP dan turut dihadiri Forkopimda, unsur ulama dan para pimpinan dayah, kepala sekolah/madrasah, Geuchik Gampong, Imum Syik dan Imum Gampong serta aparatur gampong se-kecamatan Tanah Luas, terang Hamdani.

“Alhamdulillah, acara yang sangat luar biasa ini dan yang perdana di Tanah Luas terlaksana sesuai jadwal dan berlangsung sukses,” pungkasnya. (Yoes/hR)

banner 325x300