banner 728x250
DAERAH  

Hari Air Sedunia Ke-30, Wabup Pidie Tanam Pohon di Waduk Rajui Padang Tiji

banner 120x600
banner 468x60

Sigli, haba RAKYAT | Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, S.T., menghadiri aksi tanam pohon dalam rangka Hari Air Dunia ke-30 di Bendungan Rajui, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Prov Aceh, Rabu (30/03/2022).

Kegiatan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-30 dilaksanakan sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Wabup Pidie memyampaikan, Kabupaten Pidie merupakan daerah yang memiliki areal yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi areal pertanian.

“Untuk merealisasikan usaha pengembangan areal pertanian diperlukan perbaikan, peningkatan dan perluasan prasarana irigasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Pidie menjelaskan, waduk merupakan salah satu tipe bangunan utama yang dibangun pada daerah yang memiliki sumber daya air dengan relatif kecil.

Bangunan waduk dimaksudkan dapat menampung kelebihan air di musim hujan, sehingga dapat digunakan ketika memasuki musim kering, sehingga diharapkan waduk mampu menyediakan air irigasi atau air baku yang dibutuhkan sepanjang tahun.

“Pembangunan waduk rajui di Kecamatan Padang Tiji ini direncanakan untuk mengairi areal sawah seluas 1000 hektar dengan pola tanam padi -padi-palawija,” ujar Wabup.

Ia berharap, melalui aksi tanam pohon di Bendungan Rajui dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-30 dapat berperan aktif dalam menjaga ketersediaan lahan hijau pada area bendungan.

Ia juga berharap agar masyarakat dapat berperan aktif dalam konservasi air sekaligus mengembangkan potensi ekonomi lokal di sekitar bendungan tanpa menggangu fungsi utama bendungan sebagai tampungan air.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh,
Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera I,
Dandim 0102/ Pidie, Letkol Inf. Abdul Jamal Husin, S.E.,serta Camat Padang Tiji, Asriadi, S.Sos. (AA/hR)

banner 325x300