DAERAH  

Kakan Kemenag Pidie Buka Pelaksanaan Manasik JCH 2024

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT |
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Pidie, Drs. H. Abdullah AR, M.Ag., didampingi Kasubbag TU dan Kasi Haji, H. Hasanuddin, S.Ag., membuka pelaksanaan Manasik Jemaah Calon Haji (JCH) 1445 H/2024 M Kabupaten Pidie, bertempat di Rayon 1, Masjid Alue Batee, Beureunuen, Kecamatan Mutiara, Rabu (17/04/2024).

Untuk manasik itu sendiri terbagi dalam tiga rayon, dimana Rayon 1 bertempat di Masjid Alue Batee, Beureunuen, Mutiara, Rayon 2 di Masjid Taqwa Lampoh Saka, dan Rayon 3 bertempat di Meunasah Blang Asan, Kota Sigli.

Sedangkan pelaksanaannya selama sepuluh hari, yaitu dua hari berlangsung di Kota Sigli (Tingkat Kabupaten), selebihnya dilaksanakan di Beureunuen dan Lampoh Saka (Tingkat Kecamatan).

“Pelaksanaannya sejak tanggal 17 sampai 24 April 2024 untuk tingkat kecamatan, dan 25 sampai 27 April 2024 untuk tingkat kabupaten. Manasik ini diikuti oleh 513 JCH dari Pidie, termasuk 1 orang dari Tim Pemandu Haji Darah (TPHD) dan 1 orang dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), yang akan diberangkatkan tahun ini”, jelas Kakan Kemenag Pidie.

Dikatakan Kakan Kemenag, dilaksanakan manasik haji tersebut merupakan implementasi dari UU nomor 8 tahun 2019 tentang penyelengaraan ibadah Haji dan Umrah.

“Dengan tujuan agar JCH istitha’ah dalam hal pengetahuan haji. Dan dalam pelaksanaannya tanpa memungut biaya apapun dari JCH”, ungkap H. Abdullah AR.

Ia juga menyebutkan, pedoman manasik haji juga bisa diakses secara online melalui website haji.kemenag.go.id ,aplikasi Haji Pintar dan Pusaka Mobile yang bisa di download pada Google Play Store untuk ponsel/Hp berbasis android.

“Pada aplikasi Haji Pintar dan Pusaka Mobile tersebut juga tersedia tuntunan manasik, doa-doa manasik, vidio-vidio tutorial manasik. Informasi tentang transportasi, akomodasi, dan konsumsi selama di Arab Saudi, serta berbagai informasi lainnya tentang penyelengaraan ibadah haji”, demikian Kakan Kemenag Pidie, H. Abdullah AR.(AA/hR)

banner 325x300