DAERAH  

Kampung Paya Tumpi Baru Gelar Lomba Membaca dan Mewarnai Untuk Anak

banner 120x600

Aceh Tengah – haba RAKYAT | Kampung Paya Tumpi Baru (PTB) melaksanakan kegiatan literasi tingkat pendidikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar/MI, untuk mendorong kreatifitas anak di Kampung Paya Tumpi Baru agar lebih gemar membaca dan melukis.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, berlangsung di aula kantor desa dan gedung perpustakaan Kampung Paya Tumpi Baru, Rabu (10/07/24).

Pendaftaran peserta lomba ini gratis dan dibuka selama dua hari sejak tanggal 8 – 9 Juli 2024.

Reje Kampung Paya Tumpi Baru, Idrus Saputra kepada media menyampaikan, kegiatan ini berlangsung hasil kerjasama dengan Mahasiswa KPM STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Al-wasliyah Aceh Tengah.

“Kegiatan ini melibatkan mahasiswa KKM dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-wasliyah Aceh Tengah, kerjasama dengan pemerintahan Kampung Paya Tumpi Baru melalui perpustakaan desa. Kegiatan ini merupakan faktualisasi dari mahasiswa KKM yang sebulan ini mengabdi ke Kampung Paya Tumpi Baru,” terang Idrus.

Selanjutnya Idrus mengatakan, salah satu kegiatan mahasiswa adalah menggelar lomba tersebut, dengan tema ‘Literasi Membaca dan Mewarnai’.

“Tema kegiatan Literasi Membaca dan Mewarnai, kegiatan ini sangat sesuai dengan kita, melalui perpustakaan desa kita. Perpustakaan itu harus melaksanakan kegiatan kegiatan literasi, tidak hanya dengan membaca buku saja, tetapi juga kegiatan kegiatan pelatihan, kompetisi dan segala bentuk upaya untuk mengajak minat membaca masyarakat untuk bisa lebih dekat dengan perpustakaan yang dinamakan inklusi sosial,” papar Idrus.

Idrus di kesempatan itu, selain mengapresiasi mahasiswa juga mengucapkan terimakasih sembari berharap agar kegiatan positif dilakukan para mahasiswa bisa berlanjut.

“Kita berharap kepada Universitas Sekolah Tinggi Al-wasliyah, tidak hanya pada kali ini bekerjasama. Tetapi untuk selanjutnya juga kita bisa bekerjasama dalam bidang pembelajaran pembelajaran seperti ini.

Terimakasih kepada Al-wasliyah, semoga ke depan bisa lebih maju dan lebih sukses lagi dalam mengemban sebagai generasi penerus bangsa dan juga sebagai intelektual dalam memajukan bangsa ini. Tentunya dalam memajukan Aceh Tengah agar lebih bagus lagi,” Tutup Idrus Saputra.

Sementara itu, Ketua KPM STIT Al-wasliyah Aceh Tengah, Kamaruddin yang juga seorang mahasiswa di semester 8, kepada media mengatakan ada dua kelompok mahasiswa dari universitasnya melaksanakan KPM di Aceh Tengah.

“Kelompok dua melaksanakan kegiatan di Timangan Gading yang sama dengan kelompok satu, melakukan kegiatan KPM selama satu bulan setengah dan akan dijemput oleh pihak kampus pada tanggal 15 Juli 2024”. Papar Kamaruddin.

Terkait kegiatan yang diselenggarakan hari itu, Kamaruddin menyebutkan peserta sangat antusias, apa lagi didukung oleh orang tua dari anak anak yang terlibat.

“Kegiatan berlangsung sehari, melibatkan tujuh orang mahasiswa dari kelompok 1. Peserta kegiatan lomba ini sebanyak 31 peserta, diantaranya tingkat Taman Kanak-kanak 10 orang, tingkat SD kelas 2 dan 3 sebanyak 14 orang dan kelas 4 sampai 6 SD sebanyak 7 orang. Animonya sangat tinggi, terutama keterlibatan langsung dari orangtua peserta,” terangnya.

Tujuan kegiatan ini diselenggarakan, kata Kamaruddin untuk meningkatkan minat baca anak anak dan membongkar isi buku. Sehingga bisa mempresentasikan isi buku yang telah dibaca, karena bermanfaat dapat merangsang daya ingat anak dan melatih interaksi di depan umum dalam membentuk mental anak dan kreatifitas serta kecerdasan anak.

Mahasiswa berasal dari Kecamatan Linge ini mengatakan, terkait kegiatan KPM selama satu bulan setengah di Kampung Paya Tumpi Baru, pihaknya banyak mengikuti berbagai kegiatan kampung, baik kegiatan bermasyarakat, hingga kegiatan sosial di kampung itu.

“Kampung ini menurut saya rapi dan administrasi pemerintahan sesuai. Itu yang saya tangkap dari kampung ini. Aparaturnya bekerja dengan baik,” ulas Kamaruddin. 

Hasil nominasi perlombaan hari itu dimenangkan oleh beberapa kategori juara dan dibekali sertifikat Piagam Penghargaan, diantaranya,

Juara Membaca tingkat SMP :

1. Yosi
2. Zalika Azura
3. Sahira Afika

Juara Mewarnai tingkat Kls 1 dan 2 S :

1. Riani Salvina
2. CaIista Arsifa
3. Naura Liana Zahira

Mewarnai TK sampai kls 1 SD.

1. Zidan Ahmat Arikin
2. Riska
3. Elaze Fernai

Dan penghargaan untuk anak Favorit yang rajin Ke Perpustakaan Desa diberikan kepada Arsila (7 Tahun). (Red)

banner 325x300