banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Kapolres Aceh Besar Jadi Irup Penurunan Bendera HUT ke-78 RI di Kota Jantho

banner 120x600

Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam SIK MH bertindak sebagai inspektur upacara menurunan Bendera Merah Putih kepada Paskibraka untuk dikibarkan dalam upacara peringatan HUT ke-78 RI Tahun 2023, di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho, Aceh Besar, Kamis (17/08/2023).
Foto/hR/ MC Aceh Besar.

Kota Jantho, haba RAKYAT | Rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Pemerintah Kabupaten Aceh Besar ditutup dengan Upacara Penurunan Sang Merah Putih. Adapun yang bertindak sebagai Inspektur upacara Penurunan bendera adalah Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam SIK MH.

Pada prosesi upacara penurunan bendera turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, ASN jajaran Pemkab Aceh Besar, OKP, TNI/ Polri, Satpol PP serta para pelajar berlangsung khidmat, tertib, dan lancar, di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho, Kamis (17/08/2023).

Upacara penurunan bendera dimulai pukul 17:00 WIB ditandai dengan masuknya pasukan upacara ke Lapangan Bugong Jeumpa dan disusul oleh Komandan Upacara.

Selanjutnya, upaya dimulai dengan laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara. Kemudian, Paskibraka Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas menurunkan Sang Merah Putih.

Acara dilanjutkan dengan persiapan penurunan Bendera Merah Putih oleh anggota Paskibraka, yang beranggotakan 72 merupakan para pelajar sekolah menengah dari SMA dan SMK sederajat di Aceh Besar.

Anggota Paskibraka yang dipercayakan bertugas sebagai pembawa baki bendera adalah Putri Masyithah dari SMAN 1 Krueng Barona Jaya, sementara yang bertugas sebagai penarik turun bendera ialah Jepri Saputra dari SMAN 1 Darul Imarah, pembawa bendera Muhammad Fadhil Nuryadi dari SMAN 1 Darul Imarah dan Pembentang bendera Khairurrizqi Mubarak dari SMK Penerbangan Aceh.

Ketika Sang Saka Merah Putih diturunkan, para peserta upacara dan tamu undangan yang hadir diperintahkan untuk sikap hormat sambil diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah diturunkan, Sang Merah Putih kemudian dibawa ke mimbar kehormatan dan diserahkan kepada Inspektur Upacara AKBP Carlie Syahputra Bustamam SIK MH. Keseluruhan prosesi upacara penurunan bendera rampung sekitar pukul 17.34 WIB. Upacara kemudian ditutup dengan laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara.

Adapun petugas upacara antara lain meliputi :
Komandan Upacara :
Letda I Infantri Anggoro Supartono
Komandan Kompi Senapan A Yonif 117 Ksatria Yudha

Perwira Upacara :
Letda II Infantri Dedy Kurniawan Siregar
Pasi Ops Yonif 117 Ksatri Yudha

Pasukan Paskribaka :
Putra putri terbaik Aceh Besar, Binaan Kesbangpol Aceh Besar

Komandan Pasukan Paskribaka :
Ipda Pariadi SH
Kanit 3 Tripikor Satreskrim

Komandan Pleton 45 :
Anta Syarif
Siswa Supm Ladong
Putra dari bapak Bakhtiar dan ibu Murniati

Komandan Plenton 17 :
Muhammad Firas Alfarisi Fachrul
Siswa SMA Islam Al-Falah
Putra dari bapak Fakhrul dan ibu Lidya Kurniasih

Pembawa Baki :
Putri Masyithah
Siswa SMAN 1 Krueng Barona Jaya
Putri dari bapak Muslem dan ibu Mahdalena

Pembawa Bendera :
Muhammad Fadhil Nuryadi
Siswa SMAN 1 Darul Imarah
Putra dari bapak Nurmadi Awaluddi dan ibu Hindun Jamaliah

Pembentang Bendera :
Khairurrizqi Mubarak
Siswa SMK Penerbangan Aceh
Putra dari bapak Mahfuzh dan ibu Suhartini

Penggerek Bendera :
Jefri Saputra
Siswa SMAN 1 Darul Imarah
Putra dari bapak Sutijo dan ibu Waginah. (Rel)

banner 325x300