banner 325x300

banner 728x90

Kasus DBD Meningkat, 10 Orang Warga di Kecamatan Bebesen Terjangkit, Kadiskes : Kita Lakukan Pencegahan dan Penanganan

banner 120x600

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, dr. Yunasri M.Kes. (dok. foto : Pribadi)

Aceh Tengah, haba RAKYAT | Sejumlah desa di Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah, warganya didiagnosa terjangkit DBD (Demam Berdarah Dengue), terjadi peningkatan kasus sejak 2 pekan terakhir di bulan Mei 2022.

Demikian disampaikan Plt. Kadiskes Aceh Tengah, dr. Yunasri kepada awak media di kantornya, Rabu (18/05). Penyebaran penyakit ini dikatakanya, disebabkan adanya penyebaran nyamuk Aedes Aegypti.

Sejauh ini dipastikan Yunasri, seluruh pasien berjumlah 10 orang, saat ini sedang jalani perawatan di UPT Dinas Kesehatan RSUD Datu Beru Takengon.

Pihak Dinas Kesehatan setempat, dikatakan dr. Yunasri telah mengambil langkah pencegahan dan penanganan, berkoordinasi dengan pihak kecamatan, untuk dilakukan Fogging di desa.

Namun Fogging akan lebih efektif manfaatnya, jika telah dilakukan gotong royong oleh masyarakat. Dari itu Plt. Kadiskes menyarankan agar segera dilaksanakan pembersihan desa sebelum dilakukan pengasapan.

“Kita telah berkoordinasi dengan pihak Camat Bebesen untuk dilakukan gotong royong, agar lebih efektif baru fogging dilaksanakan. Demikian juga dengan desa desa di kecamatan lainya, setelah dilakukan penyelidikan epidemiologi apakah ada kasus baru, segera kita tindaklanjuti,” ujar dr. Yunasri.

Selanjutnya dr. Yunasri menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan menjaga kebersihan daerahnya, terutama di musim pancaroba antara bulan 4 hingga bulan 8 disetiap tahun nya. (Erwin)

banner 325x300