banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Ketua TP PKK Kab. Aceh Barat Beri Penilaian Gammawar di Gampong Kajeung

banner 120x600

Aceh Barat, haba RAKYAT | Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Aceh Barat yang di ketuai oleh Evi Juwinda kembali mengunjungi Gampong Mawaddah Warrahmah (Gammawar) dalam rangka memberikan pembinaan serta penilaian terhadap 10 program pokok PKK tahun 2022.

Kali ini desa yang dinilai adalah gampong Kajeung Kecamatan Sungai Mas Kabupaten Aceh Barat yang dilaksanakan dihalaman gedung PKK setempat, Selasa (31-05-2022).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS tersebut merupakan rangkaian kegiatan TP PKK Kabupaten Aceh Barat guna memberikan pembinaan dan penilaian Gammawar di seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Barat, Evi Juwinda, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penilaian sekaligus pembinaan kepada desa Gammawar terhadap 10 program pokok PKK tahun 2022 yang akan di lakukan di 12 Kecamatan ujarnya.

“Hari ini kami beserta tim PKK Kabupaten bersilaturahmi sekaligus memberikan penilaian untuk gampong Kajeung Kecamatan Sungai Mas. Alhamdulillah pada kesempatan ini Bapak Bupati juga bisa ikut hadir” ucap Evi Juwinda

Ia menambahkan PKK merupakan wadah untuk memberdayakan kesejahteraan keluarga yang menyasar kaum perempuan, karena menurutnya perempuan lebih memahami tentang kondisi dan kesejahteraan keluarga tuturnya.

“PKK itu ibarat sayap yang menerbangkan ilmu dalam mengajak masyarakat untuk menyukseskan program Pemerintah dalam hal ini visi misi Bupati Aceh Barat demi meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat” ujarnya.

Evi menjelaskan bahwa 10 program pokok PKK ini di rumuskan ke dalam Kelompok Kerja (Pokja), antara lain, Pokja 1, tentang penghayatan dan pengamalan Pancasila untuk membina masyarakat agar lebih bertakwa kepada Allah SWT dengan mengadakan kegiatan keagaamaan seperti tausyiah, pengajian, kelompok yasin dan Marhaban ujarnya.

Selain itu, pokja 1 ini juga harus mengedepankan sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat, gotong royong di lingkungan masing-masing, serta peduli terhadap lansia. Adapun program utama pokja 1 adalah pola asuh anak dan remaja agar anak-anak mendapat perhatian khusus dari PKK khususnya di tingkat desa dengan membuat kegiatan perlombaan seperti Hafalan surat pendek, mengurus jenazah, serta lomba azan lanjutnya.

Pokja 2, Terfokus pada pendidikan dan ketrampilan seperti menjahit, rias pengantin, penyuluhan Paud, bina keluarga balita, serta pengembangan kehidupan berkoperasi. Adapun program utama yang akan di nilai untuk Gammawar tahun 2021 ini adalah Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) ujarnya.

Pokja 3, menyasar pada sektor pangan yakni ekonomi produktif dalam memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam tanaman yang bermanfaat seperti cabai, kunyit, dan tanaman sayuran lainnya. Selain itu, Kita harus meningkatkan penanaman tanaman lindung sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan sekitar paparnya.

Kelompok kerja 3 ini juga berfokus pada sandang (cara berpakaian yang rapi), mengenal busana daerah lain, Tata laksana rumah tangga untuk keberhasilan keluarga lanjutnya.

pokja 4, mengurusi bidang Kesehatan, seperti Posyandu, Pemberi makanan tambahan (PNT), perencanaan perkawinan, serta penyuluhan gerakan menabung lanjutnya.

Evi juga meminta kepada para pengurus PKK mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat gampong harus ikhlas dan sabar dalam menjalankan tugasnya. Tugas PKK merupakan tugas yang mulia. Oleh sebab itu, Jangan pernah mengharapkan imbalan atau pamrih selama menjalankan tugas nya sebagai pengurus PKK ujarnya

Disamping itu, Ia mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun terkahir bagi dirinya menjadi ketua TP PKK Kabupaten Aceh Barat. Untuk itu, ia berharap sinergitas dan komunikasi antar pengurus PKK baik yang ada di Kabupaten, Kecamatan, maupun desa harus terus dijaga dan ditingkatkan demi menjaga eksistensi PKK Kabupaten Aceh Barat dalam memberdayakan masyarakat pungkasnya

Sementara itu, Camat Sungai Mas, Zulkifli, S.Ag., menyampaikan pihaknya menyambut baik kedatangan tim penilai dari TP PKK Kabupaten Aceh Barat guna memberikan pembinaan sekaligus penilaian kepada desa Kajeung dalam lomba Gammawar tahun 2022 ini ujarnya.

Ia berharap Desa Kajeung Kecamatan Sungai Mas bisa meraih prestasi yang membanggakan pada ajang Gammawar tahun 2022 tingkat Kabupaten Aceh Barat
harapnya. (Muhibbul Jamil)

banner 325x300