KNPI Pidie Apresiasi Dinkes Atas Layanan Vaksinasi Dan Pemeriksaan PTM Gratis Kepada Masyarakat

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Mulai 18 ramadhan sampai H-1 Idul Fitri 1443 H, Dinas Kesehatan Pidie membuka Counter Vaksinasi Covid -19 dan layanan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi masyarakat umum yang berada di dua lokasi, hal ini dikatakan Kadinkes Pidie, dr Arika Husnayanti Aboebakar, Sp.OG (K), Selasa (19/04/2022) sore, di Counter Masjid Agung Al-Falah Sigli.

“Counter Vaksin yang dibuka selama ramadhan bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat melakukan vaksinasi Covid -19, juga melakukan screening bagi masyarakat mengidap PTM,” jelas dr Arika Husnayanti.

Counter Vaksin dan PTM tersebut di buka pada dua lokasi, Masjid Agung Al-Falah Sigli dan Masjid Abu Beuereueh Beureunun. Jadwalnya, setiap hari mulai 19 April sampai 1 Mai 2022 atau 18 ramadhan sampai H-1 Idul Fitri 1443 H, dari pukul 15.00 wib, istirahat saat buka puasa, shalat dan selesai tarawih, terangnya.

“Sebelum Counter Vaksin dan layanan PTM ini berakhir pada H-1 Idul Fitri, agar masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan yang kami sediakan, juga bagi warga yang berencana mudik lebaran, untuk melengkapi Vaksinasi, bisa memanfaatkan layanan Counter ini,” harap dr Arika Husnayanti.

Disampaikan juga, bahwa pelayanan tersebut agar mudah diakses oleh masyarakat, khususnya di bulan ramadhan, apalagi pada tahun sebelumnya banyak terdapat kasus Covid-19 dan kasus PTM.

“Data dari kita, Dinkes Pidie, pada tahun 2021 banyak kasus yang dikatagorikan kedalam PTM, terdapat 6.766 kasus DM, 70.405 kasus Hipertensi dan 348 kasus Stroke. Jadi kita terus berupaya meminimalisir kasus-kasus serupa, dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan mendirikan Counter semacam ini,” demikian Kadinkes Pidie.

Ditempat yang sama, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pidie, Muhammad Fajri (Edo) mengutarakan Apresiasi nya kepada Dinkes Pidie atas pelayanan Vaksinasi Covid-19 dan pemeriksaan PTM secara gratis kepada masyarakat di bulan ramadhan.

“Apresiasi kita kepada Dinkes Pidie terhadap layanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis di bulan ramadhan, dengan mendirikan Counter khusus dan ditangani langsung oleh ibu Kadis,” ungkap Edo.

Kata Edo lagi, berharap layanan kesehatan semacam ini bisa disebarkan dibeberapa tempat, agar mudah dijangkau masyarakat untuk memeriksa kesehatan mereka.

“Perlu dukungan semua pihak atas inisiatif Dinkes. Saya juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Counter Kesehatan ini, agar kita tetap sehat dan terlindungi dari berbagai penyakit, apalagi pelayanan disini gratis, ujarnya.

“Menjaga kesehatan bahagian dari iman, apalagi di bulan ramadhan ini kita harus memperhatikan kesehatan, sehingga kita tetap sehat dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa,” tuntas Edo. (AA/hR)

banner 325x300