banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Kurangi Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Pidie Laksanakan Pola Hunting System

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT |
Satlantas Polres Pidie tetap melakukan Pola Hunting System (berpatroli ataupun mendatangi tempat yang dinilai rawan pelanggaran berakibat kecelakaan) pada Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) guna mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalulintas.

Kapolres Pidie, AKBP Imam Asfali, S.I.K., melalui Kasat Lantas Polres Pidie, Iptu Irwansyah, S.Sos., kepada sejumlah awak media, Rabu (20/09/2023) mengatakan, hasil evaluasi pelaksanaan Operasi Zebra 2023 dari 4 sampai 17 September 2023, pihaknya akan tetap melakukan patroli, dengan pola hunting system pada kawasan KTL.

“Melihat tingginya angka pelanggaran lalulintas di Pidie, kami akan melakukan pendekatan persuasif,” kata Iptu Irwansyah.

Dari pelaksanaan Operasi Zebra 2023 yang dimulai sejak 4 sampai 17 September 2023, telah melakukan 159 penindakan terhadap pelanggar lalulintas berupa tilang secara manual.

“Sementara penindakan bagi 1.060 pelanggar lalulintas lain, kami masih memberikan tindakan teguran,” jelasnya.

Irwansyah menyampaikan, masih ditemui pengedara roda dua dan roda empat kurang menjalankan keselamatan berlalulintas dalam berkendaraan.

Seperti halnya pengendara yang tidak mengunakan safety belt, helm SNI, menggunakan ponsel saat mengendara, pengendara dibawah umur dan berboncengan melebihi dari satu orang. Ini juga menjadi fokus pihaknya dalam pelaksanaan pola hunting system tersebut, sebutnya.

“Selama pelaksanaan Operasi Zebra, kami mengamankan 30 unit kendaraan, 44 kartu SIM dan 85 STNK,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya pelaksanaan pola hunting system di kawasan KTL, dapat menekan angka pelanggaran lalulintas dan kecelakaan di Pidie.

“Seharusnya pengendara bukan hanya patuh saat di Razia, namun mematuhi aturan berlalulintas saat berkendara harus menjadi budaya, karena persoalan berlalulintas merupakan tanggung jawab kita bersama”, ucap Kasatlantas Polres Pidie, Iptu Irwansyah.(AA/hR)

banner 325x300