banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Mahasiswa STIKes Jabal Ghafur PBL di Tangse

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Jabal Ghafur selama 13 hari, dari 13 sampai 25 Mei 2024, mengikuti kegiatan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie.

Selanjutnya kegiatan ini diikuti oleh 2 (dua) Program Studi, yaitu prodi D3 Keperawatan dan D3 Sanitasi. Kegiatan penyambutan Mahasiswa/i ini di hadiri Camat, Kapolsek, Danramil dan Kepala Puskesmas Kecamatan Tangse.

Koordinator PBL, Ns. Mukhlis, M.Kep., Senin (13/05/2024) kepada awak media ini mengatakan, baru pertama kali STIKes Jabal Ghafur memilih Kecamatan Tangse, Pidie, sebagai lokasi PBL.

Tujuan dari kegiatan PBL ini adalah sebagai kerja lapangan mahasiswa sehingga nantinya mereka dapat mengimplementasikan mata kuliah Keperawatan Keluarga dan Keperawatan Gerontik untuk prodi keperawatan.

Dan mengaplikasikan keilmuan kesehatan lingkungan untuk prodi sanitasi sesuai dengan kurikulum di STIKes Jabal Ghafur serta membantu program pemerintah untuk mengurangi angka Stunting.

“Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengasah keahlian individu di bidang keilmuan keperawatan dan sanitasi yang selama ini dipelajari di kampus. Kami harap selama PBL, mahasiswa bisa membantu memberi penyuluhan kepada masyarakat, dan dapat beradaptasi dengan masyarakat”, ungkap Ns. Mukhlis.

Sementara itu, Ketua STIKes Jabal Ghafur, Drs. H. Syamsuddin, M.Kes., dalam acara penyambutan mengatakan, semoga mahasiswa/i dapat menerapkan ilmunya dalam masyarakat setelah mempelajari di kampus selama ini.

“Dengan kegiatan ini diharapkan adanya perubahan perilaku kesehatan masyarakat di Gampong gampong”, ujar Ketua STIKes Jabal Ghafur Sigli.

Ketua STIKes, H. Syamsuddin juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Pidie, dalam hal ini pihak Kecamatan Tangse dan Keuchik (Kasdes) tempat praktek PBL yang telah menerima dan mendukung, mengarahkan serta memfasilitasi  mahasiswa/i STIKes Jabal Ghafur dalam kegiatan ini.

Dalam acara penyambutan di kantor camat setempat, Camat Tangse Abdul Jafar, S.Pd., M.Pd., berpesan kepada para Mahasiswa/i untuk dapat membantu masyarakat di bidang kesehatan di tempat pelaksana PBL.

“Pada dasarnya kecamatan tangse bersedia menerima para mahasiswa/i STIKes Jabal Ghafur, dan suatu kebanggaan dipilihnya kecamatan tangse sebagai tempat pelaksanaan PBL”, ucap Camat.

Sebagai informasi, para mahasiswa STIKes berjumlah 31 orang yang mengikuti PBL di Tangse, ditempatkan di 5 gampong, yaitu Layan 6 orang, Peunalom I 6 orang, Peunalom II 6 orang, Blang Teungoh 6 orang, dan Gampong Blang Dalam 7 orang.(AA/hR)

banner 325x300