DAERAH  

Megang di Pidie, Persediaan Ternak Mencukupi

banner 120x600

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Pidie, drh Muslizar Effendi.

Sigli, haba RAKYAT | Menghadapi megang, jumlah persediaan ternak kerbau dan sapi di Pidie mencapai ribuan ekor. Data yang disampaikan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Pidie, selain menyebutkan persediaan ternak kerbau dan sapi, juga mencantumkan persediaan ternak kambing, domba dan unggas.

Kadis Pertanian dan Pangan Pidie, Hasballah, SP, M.M., melalui Sekretaris dinas, drh Muslizar Effendi, Rabu (30/03/2022) sore, menyampaikan, persediaan ternak untuk megang di 23 Kecamatan dalam Kabupaten Pidie mencukupi, terdiri dari kerbau, sapi, kambing, domba dan unggas (ayam ras/buras/bebek), jelasnya.

“Ada ribuan ekor ternak kerbau dan sapi yang akan disembelih selama dua hari megang, dan yang terbanyak dikonsumsi oleh warga Kota Sigli, mencapai 263 ekor dan yang paling sedikit Kecamatan Glumpang Baro, hanya 79 ekor,” sebut Muslizar.

Itu belum lagi ternak kambing, domba dan unggas yang akan disembelih di 23 Kecamatan, ungkap Sekretaris Distanpan Pidie, drh Muslizar Effendi yang didampingi oleh Kabid Penyuluhan Pertanian, Muslim, SP.

“Untuk ternak kambing dan domba yang akan disembelih, terbanyak di Kecamatan Mutiara, mencapai 105 ekor dan terkecil Kecamatan Mila 31 ekor,” ungkapnya lagi.

Sedangkan untuk unggas keseluruhan mencapai puluhan ribu ekor, terbanyak di Kecamatan Mutiara, mencapai 3.392 ekor dan terkecil Kecamatan Mila, 378 ekor saja.

“Untuk harga selama dua hari meugang di Pidie, diperkirakan untuk daging kerbau dan sapi sekitar Rp170 ribu sampai Rp180 ribu sekilonya. Kambing dan domba diperkirakan mencapai Rp130 ribu perkilo, sedangkan unggas diperkirakan antara Rp60 ribu sampai Rp100 ribu per ekornya,” tutup Muslizar. (AA/hR)

banner 325x300