MIN 30 Aceh Utara Bagikan Rapor Plus Hadiah dan Gelar Pelepasan Murid Kelas 6

banner 120x600

Aceh Utara, haba RAKYAT | Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 30 Aceh Utara, Provinsi Aceh mengadakan pembagian Rapor Semester II tahun pelajaran 2021/2022 dan pembagian hadiah serta thropy bagi murid berprestasi, di halaman madrasah setempat, Sabtu (18/06).

Kepala MIN 30 Aceh Utara, H. Muhammad Yusuf, S.Pd.I mengatakan, pembagian hadiah plus thropy merupakan agenda rutin yang dilakukan madrasah usai ujian semester I dan II.

“Dengan adanya pembagian hasil belajar dan penyerahan reward berupa hadiah untuk siswa berprestasi ini, semoga murid bisa lebih bersemangat lagi dalam belajar agar prestasi murid akan lebih meningkat,” harapnya.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah menuangkan secuil nasehat melalui bait pantun dalam bahasa Aceh yang dapat dikutip media ini ;

Uroe hameh baroesa tanggai nam blah

Bagi hadiah dan piala keu kakak gata

Teuma uroe nyoe hai aneuk meutuwah

Bagi rapor ek glah aneuk keu gata

Meunyo nilai get ka teuntee ek glah

Na lom hadiah keu yang juara

Nyan di keue meja, kon na hadiah

Meubungkoeh lam keureutah tamah piala

Meunyo lam rapor na nilai mirah

Teuntee tinggai glah, meusapue hana

Aneuk meulakeei ka nibak Allah

Mandum beu ek glah, adak hana juara

Bapak dan ibu guru hana pue peugah

Sayang meuleumpah aneuk keu gata

Han sampe ate geu peutinggai glah

Lagee mak ngen ayah, kamoe keu gata

Meunan cit guree yang na di dayah

Bekna neubantah le ureung gata

Meubek neukheun ‘euh ataupun kheun ah

Salah-salah jeut keu darohaka

Dan seterusnya ……

Pembagian rapor disambut antusias oleh siswa-siswi dengan semarak, apalagi diwarnai dengan penyerahan hadiah dan thropy kepada murid yang berprestasi serta penghargaan bagi guru dan pegawai madrasah.

Salah seorang murid kelas IV, Muhammad Alif Bata mengaku sangat senang, “Alhamdulilah, selain mendapat hadiah berupa buku tulis dan piala sebagai juara 1 di kelas, saya juga mendapat kado khusus dari Kepala Madrasah sebagai juara umum,” ujarnya sambil tersenyum.

Dalam kesempatan itu juga, pihak madrasah memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih kepada Guru Favorit Murid, hasil jajak pendapat murid saat memeriahkan Hari Guru Nasional yang lalu serta kepada Operator Madrasah atas kerjasama dan kinerjanya selama ini.

Dapat dikabarkan, pada Rabu (16/06/2022) kemarin, sebanyak 37 siswa-siswi kelas akhir MIN 30 Aceh Utara dilakukan pelepasan dan perpisahan dalam sebuah momen yang penuh haru, baik bagi pihak madrasah maupun orangtua/wali murid.

Pelepasan dan Perpisahan Peserta Didik Kelas 6 Angkatan Ke-5 Tahun Pelajaran 2021/2022 ikut dihadiri mewakili Kantor Kemenag Aceh Utara dari unsur Pengawas Madrasah, Muslem, S.Ag, Wakil Komite Madrasah Tgk. Hasanuddin dan para orangtua murid.

Kegiatan berlangsung dengan jamuan makan siang bersama itu dirangkai dengan beberapa agenda acara penampilan murid kelas 4 dan 5, diantaranya penampilan tahfidz Qur’an, seni tari dan pidato dalam bahasa Inggris.

Prosesi pelepasan murid kelas 6 dilaksanakan seperti layaknya wisuda, namun seragam yang digunakan murid serba putih dengan mengenakan baju jubah dan serban bagi laki-laki, sementara murid perempuan memakai baju gamis dan jelbab hitam.

Setiap murid dipanggil satu-persatu dan mereka bergerak ke depan untuk menerima surat tanda kelulusan dari madrasah yang diserahkan langsung kepala madrasah dan menyalaminya, termasuk menyalami Pengawas Madrasah, Wali Kelasnya dan Komite Madrasah yang berposisi di meja depan. Seterusnya kembali ke tempat duduk.

Bagi murid yang meraih peringkat 1, 2 dan 3, madrasah juga menyerahkan hadiah berupa alat tulis plus thropy, seraya pihak madrasah berharap agar para lulusan melanjutkan pendidikannya dan menjaga nama baik orangtua, guru dan madrasah yang ditinggalkannya serta menjadi anak shaleh dan shaleha serta berguna bagi agama, bangsa dan negara. (Yoes/hR)

banner 325x300