banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Pada Jamuan Makan Malam, Pj Bupati Pidie Ajak Anggota Paskibra Tetap Tunjukkan Keteladanan

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT |
Sudah menjadi tradisi di seluruh Indonesia, saban pelaksanaan upacara HUT RI, pada malamnya akan diadakan suatu jamuan makan malam dan temu ramah dengan para anggota Paskibra.

Juga demikian yang berlangsung di Pendopo Bupati Pidie, Kamis 17 Agustus 2023 malam, dimana Pj Bupati, unsur Forkopimda, Sekda, para Kepala SKPK, para camat serta tokoh masyarakat, terlihat berbaur dengan para anggota Paskibra, dalam suatu acara makan malam.

Pada jamuan makan malam yang dirajut dengan silaturahmi ini tampak anak-anak anggota Paskibra begitu gembira dan akrab dengan semua yang berhadir.

Walau sebenarnya mereka begitu lelah, betapa tidak, semua kegiatan, mulai latihan persiapan, upacara pengibaran sampai penurunan bendera Merah Putih mereka laksanakan.

Dan mereka telah sukses melaksanakan tugas mulia ini dengan baik, tentunya suatu yang patut dibanggakan yang dilaksanakan oleh generasi muda penerus bangsa ini.

Dan kesuksesan meraka, para anggota Paskibra HUT ke-78 RI Kabupaten Pidie, melaksanakan upacara pengibaran dan penurunan Merah Putih pada 17 Agustus 2023 di PCC Sigli, membuat bangga Pj Bupati Pidie, Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., bersama unsur Forkopimda, bahkan masyarakat Pidie ikut bangga, terbukti antusiasnya warga menyaksikan rangkaian HUT.

Mulai latihan barisan, latihan Drumband, malam Taptu dan pawai obor, upacara bendera, sampai pagelaran gebyar merdeka, selalu ramai disaksikan masyarakat.

Pada seremonial acara, yang diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Nafisah, Mujawwad Putri, juara MTQ Pidie dan akan mewakili Pidie pada MTQ Aceh 2023 di Simeulue, Pj Bupati mengapresiasikan dan sangat berterimakasih kepada anggota Paskibra, Pelatih dan Panitia Pelaksana, yang telah melaksanakan tugas mereka dengan sangat baik, suksesnya peringatan HUT ke-78 RI di Kabupaten Pidie.

Berikut sambutan Pj Bupati pada malam resepsi, “saya atas nama Pribadi dan Pemkab Pidie mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Paskibra Kabupaten Pidie Tahun 2023 yang telah berhasil dan sukses melaksanakan tugas dengan baik pada saat pengibaran dan penurunan bendera upacara peringatan HUT ke-78 RI di lapangan PCC Sigli”.

“Keberhasilan serta kesuksesan yang adik-adik capai ini merupakan berkat doa, kedisiplinan, serta usaha keras pada saat latihan dan mengikuti arahan pelatih dengan baik”.

“Tugas Adik-adik sekalian tidak hanya sebatas sampai disini, adik adik tetap harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.”.

“Teruslah melaju untuk maju menjadi generasi masa depan yang unggul dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya, sesuai dengan tema yang diusung pada Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

“Semoga keberhasilan adik adik sekalian dapat menjadi motivasi dan dapat memberikan pengaruh positif di kalangan masyarakat dan para pelajar lainnya”.

“Terima kasih juga saya sampaikan kepada para pembina, pembimbing dan para pelatih yang telah melatih dan mendidik seluruh anggota Paskibra Pidie Tahun 2023 dengan sangat baik”.

“Melalui kesempatan ini, Saya turut menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia dan segenap unsur yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Peringatan HUT RI Ke-78 ini, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua”.

Selain itu, Pj Bupati juga sempat meriwayatkan dari awal dia diberi penugasan sebagai Pj Bupati Pidie, sebagai hal pertama ia lakukan, kata Pj Bupati adalah bersilaturahmi dengan para ulama dan para tokoh masyarakat.

Ia juga menyampaikan tentang berbagai program awal dan program perioritas yang dilakukannya untuk membangun Pidie.

“Kalau mau belajar Indonesia harus Aceh, kalau mau belajar Aceh harus belajar Pidie”, kata-kata yang disampaikan mantan Menhan Gam terus saya ingat, tentu saja petuah ini ada maknanya. Pidie memang beda”, ucapnya dari sekian banyak yang ia sampaikan pada malam tersebut.

Pada bagian terakhir, ia mengajak semua elemen masyarakat Pidie, didalam dan luar daerah, bersatu padu, bahu membahu untuk membangun Pidie, menuju Pidie Mulia, sesuai harapan semua.

Sebelumnya, Penanggung jawab Panpel peringatan HUT ke-78 RI Kabupaten Pidie, H. Idhami, S.Sos., M.Si., yang juga Sekda Pidie, melaporkan, bahwa selaku Penanggung Jawab Panpel HUT ke-78 RI tahun 2023 menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Pidie, Forkopimda, serta kepada pihak-pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan.

“Panpel telah berusaha melakukan yang terbaik dalam menyelenggarakan serta menyukseskan setiap rangkaian kegiatan peringatan HUT RI Ke-78 ini”.

“Namun Panpel juga menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyelengaraan kegiatan ini, yang Insya Allah akan menjadi bahan evaluasi dan masukan yang akan kita perbaiki di tahun yang akan datang”.

“Pada kesempatan ini Panpel juga menyampaikan laporan dari berbagai kegiatan dalam menyukseskan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023, dimana pada Tahun ini, rangkaian acara yang telah kita lewati bersama dimulai dengan pelatihan Paskibraka Kabupaten Pidie, dimulai sejak dari Juli 2023, dengan proses penyaringan dari beberapa sekolah dalam Kabupaten Pidie”.

“Dari sekian banyak siswa yang berpartisipasi untuk menjadi Paskibra Kabupaten Pidie Tahun 2023, yang telah lolos dari proses seleksi ketat oleh para Pelatih dari Unsur TNI dan POLRI adalah sebanyak 75 (tujuh puluh lima) orang, yang terbagi dari 3 (tiga) pasukan, yaitu Pasukan 17, Pasukan 8 dan Pasukan 45”.

“Ada beberapa rangkaian acara yang diikuti oleh Paskibra, yaitu Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Pidie yang dilaksanakan di aula PCC Sigli pada Tanggal 15 Agustus 2023 serta diikuti dengan pelaksanaan Malam Taptu dan Pawai Obor yang diikuti dengan sangat antusias dari berbagai kalangan”.

“Rangkaian acara berikutnya adalah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan diikuti Pawai Deville yang dilaksanakan di lapangan PCC Sigli, serta mengikuti peringatan Detik-detik Proklamasi secara Virtual dari Istana Negara Jakarta”.

“Selanjutnya juga telah dilakukan anjangsana (kunjungan) ke Lapas Perempuan Sigli dalam rangka pemberian Remisi Umum dari Menkumham RI. Pada sore harinya, rangkaian upacara ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih”.

“Pada kesempatan ini, atas nama Panpel peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 Kabupaten Pidie, mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, baik langsung maupun tidak langsung, dan teristimewa kepada pelatih dan adik-adik Paskibraka yang telah melaksanakan tugas mulia Negara dengan sangat baik dan sukses”.(AA/hR)

banner 325x300