DAERAH  

Pastikan Layak Duduki Jabatan Strategis, Personel Kodim 0102/Pidie Ikuti Litpers Dari Tim Siintel Korem 011/LW

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Sebanyak 73 personel Kodim 0102/Pidie mengikuti Penelitian Personel (Litpers) yang dilaksanakan oleh tim Siintel Korem 011/Lilawangsa. Kegiatan ini berlangsung di Aula Salimuddin Makodim 0102/Pidie, Rabu (05/06/2024).

Kegiatan Litpers yang digelar oleh Tim Siintel Korem 011/LW dipimpin oleh Kapten Inf Said Muhammad. Ini merupakan program kerja dan anggaran rutin yang dilaksanakan secara periodik sebagai langkah preventif satuan atas untuk mencegah terjadinya permasalahan atau risiko yang berdampak negatif terhadap prajurit, baik sebelum maupun saat menduduki jabatan strategis dan tertentu di kesatuannya.

Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf Abd. Jamal Husin, M. ‘Han., melalui Pasi Intel Kodim 0102/Pidie, Kapten Inf Yunus Emha, S.Pd., S.H., menjelaskan bahwa Litpers bertujuan untuk menilai latar belakang pribadi dan sikap prajurit melalui metode tertulis dan wawancara.

“Saat ini, 73 prajurit yang terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama, sedang menjalani Litpers. Mereka menduduki jabatan strategis seperti Juru bayar, Ajudan, Pemegang Senjata, Penjaga Gudang Senjata, Provost, Bamin Staf, serta seluruh Bati Tuud Koramil jajaran Kodim 0102/Pidie,” jelasnya.

Lebih lanjut Kapten Inf Yunus menegaskan bahwa Litpers dilaksanakan secara periodik meskipun prajurit telah lama berdinas. Hal ini untuk memastikan kelayakan mereka dalam menjabat posisi tertentu.

“Ini penting agar tugas dan tanggung jawab dapat dijalankan dengan baik sesuai bidang masing- masing”, tegasnya.

Semetara Dantim Intelrem 011/LW, Kapten Inf Said Muhammad, selaku ketua tim, mengapresiasi semangat dan antusiasme prajurit Kodim 0102/Pidie dalam mengikuti Litpers.

Ia menegaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program kerja utama untuk memastikan prajurit yang menduduki jabatan tertentu layak dan mampu menjalankan tugas pokok kesatuan.

“Selain Litpers kami juga melakukan inspeksi mendadak terhadap kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat, kemudian pengecekan gudang senjata serta instalasi listrik di komplek Makodim 0102/Pidie. Ini untuk memastikan semuanya aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan”, tutupnya.(AA/hR)

banner 325x300