DAERAH  

Peluncuran Buku “Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan” Karya Prof. Dr. Mukhlis Yunus dan Tim

Sigli,haba RAKYAT I Buku “Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan” karya Prof. Dr. Mukhlis Yunus dkk, adalah sebuah karya kolaboratif yang bertujuan memperbarui kerangka teori pemasaran untuk era digital saat ini.

Buku yang resmi diluncurkan pada Juli 2024 ini menyatukan teori klasik dan temuan mutakhir untuk membantu pembaca merancang strategi pemasaran yang efektif dan inovatif.

Buku “Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan” merupakan hasil karya kolaboratif dari Prof. Dr. Mukhlis Yunus, S.E., M.S; Prof. Dr. Abdul Rahman Lubis, M.Sc; Maulizar, S.E., M.Si; Syarifah Maihani, S.E., M.M; Muhammad Hadian Utama, S.E., M.M; Marzuki, S.H., M.Si; dan Ir. H. Abdul Muthalib Buchari.

Acara peluncuran dan bedah buku ini direncanakan pada 17 Oktober 2025, dengan mengambil tempat di Ruang Diklat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, oleh Dr. T. Meldi Kesuma, S.E., M.M.

Buku ini lahir dari kebutuhan dan keinginan untuk memperbarui kerangka teori pemasaran agar selaras dengan era hyper-connected yang ditandai dengan perilaku konsumen yang berubah cepat, disrupsi teknologi, dan kompetisi global yang kian kompleks.

Tim penulis berupaya menyatukan teori-teori klasik dengan temuan mutakhir dan praktik lapangan agar pembaca memiliki instrumen konseptual dan teknis untuk merancang strategi pemasaran yang efektif, inovatif, dan berkelanjutan.

Filosofi dan Nilai Dasar Buku

Secara filosofis, buku ini memposisikan pemasaran sebagai ilmu kemanusiaan yang bukan hanya tentang transaksi, tetapi juga tentang proses sosial untuk mencipta, mengomunikasika, dan menukar nilai yang bermakna.

Epistemologi buku ini memadukan pendekatan empiris-positivistik dan interpretatif, sementara aksiologinya diarahkan pada kontribusi nyata bagi pembangunan percepatan yang membantu UKM, industri kreatif, dan lembaga-lembaga publik bertumbuh secara bermartabat.

Ciri Khas Buku

Buku ini memiliki beberapa ciri khas, antara lain:

  • Menghadirkan wawasan tajam dan analisis cermat tentang strategi para pemimpin dalam mata industri
  • Dirancang untuk mereka yang ingin melangkah lebih jauh dalam berbagai karier pemasaran dengan alat dan konsep untuk kampanye yang efektif-inovatif
  • Dikemas dengan penelitian mutakhir dan teori terbaru sehingga esensial bagi profesional yang menghadapi dinamika pasar yang berubah cepat
  • Mendorong pembaca berpikir kritis, strategis, dan analitis dengan strategi yang efisien dan berkelanjutan
  • Menekankan inovasi dan adaptasi guna membangun keunggulan kompetitif yang tangguh dengan memadukan teori dan praktik nyata

Struktur dan Pokok Isi Buku

Buku ini terdiri dari tujuh bab yang progresif, dimulai dari landasan konseptual menuju strategi yang implementatif. Bab-bab tersebut adalah:

  1. Overview Orientasi Pasar: Memahami orientasi pasar, analisis pasar, analisis konsumen, dan value creation & delivery
  2. Pilihan Strategis di Pasar yang Kompetitif: Lanskap pasar kompetitif, mengembangkan strategi market-driven, pengambilan keputusan strategis, serta segmentasi dan target pasar
  3. Menilai Posisi Kompetitif: Analisis pesaing, memilih arena bersaing, strategi pemosisian, strategi memasuki pasar, dan beradaptasi dengan perubahan kompetitif
  4. Evaluasi & Pembaharuan Strategi: Evaluasi kinerja dan pembaharuan strategi (strategic renewal)
  5. Membangun Organisasi yang Digerakkan oleh Pasar: Budaya organisasi, kepemimpinan dan pengelolaan perubahan, serta kolaborasi lintas fungsi
  6. Penumbuhan Nilai & Penyesuaian Strategi: Value proposition, penyesuaian strategi dinamis, strategi tangkas (agile), inovasi nilai, dan strategi pivot
  7. Mengutamakan Pelanggan & Strategi Hubungan: Berpusat pada pelanggan, relationship marketing, dan customer lifetime value

Manfaat dan Kontribusi Buku

Buku ini dapat menjadi referensi akademik mutakhir untuk pendidikan S2-S3 dan penelitian, panduan praktis keputusan manajerial dengan latihan soal dan studi kasus, serta kontribusi kebangsaan dengan mengintegrasikan teori global dan konteks Indonesia.

Dalam keterangannya ke sejumlah media, Rabu (15/10/2025), Prof. Dr. Mukhlis Yunus, menyampaikan, bahwa buku ini merupakan hasil kerja keras tim penulis untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pemasaran di Indonesia.

Ia berharap buku ini dapat menjadi panduan bagi para praktisi pemasaran dan akademisi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pemasaran.

Buku ini diterbitkan oleh CV. Mega Press Nusantara, Jatinangor, Jawa Barat, pada Cetakan Pertama – Juli 2024, dengan jumlah halaman v + 171 halaman.

Penutup

Dengan peluncuran buku “Teori Manajemen Pemasaran Lanjutan” ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pemasaran di Indonesia dan membantu para praktisi pemasaran dan akademisi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pemasaran.

“Buku ini merupakan hasil kerja keras tim penulis yang berdedikasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kami berharap buku ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pembaca,” demikian Prof. Dr. Mukhlis Yunus, diakhir keterangannya.(AA/hR)


Eksplorasi konten lain dari Media haba RAKYAT

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Eksplorasi konten lain dari Media haba RAKYAT

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca