banner 325x300

banner 728x90

Pemkab Aceh Besar Gelar Pangan Murah di Tungkop Darussalam

banner 120x600

Masyarakat membawa pulang sembako murah usai berbelanja di Pasar Murah yang digelar Pemkab Aceh Besar dan Perum Bulog Kanwil Aceh di Halaman Meunasah Meunasah Tungkop, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Selasa (21/05). (Foto/hR/MC Aceh Besar).

Aceh Besar, haba RAKYAT | Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan, gelaran rutin Pangan Murah kembali dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar.

Kali ini, kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Pemkab di berbagai wilayah secara bergiliran ini berlangsung di Halaman Meunasah Tungkop, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Selasa (21/5).

Kepala Dinas Pangan Aceh Besar, Alyadi SPi, MM mengungkapkan bahwa warga sangat antusias untuk memperoleh pangan murah. Dimana, satu jam sebelum dibukanya gerai pangan murah tersebut, para warga bahkan telah memadati Halaman Meunasah untuk memboyong sejumlah bahan pokok yang jadi incarannya.

“Kegiatan rutin ini kami gelar untuk stabilisasi pangan dan penanganan inflasi dengan menyediakan harga pangan lebih murah dari harga pasar untuk kebutuhan masyarakat,” jelas Alyadi.

Dalam kegiatan pangan murah tersebut, Pemkab menyediakan sejumlah bahan pokok. Diantaranya, beras 5 Kg Rp. 50.000, minyak 2liter Rp. 28.000, gula 2 kg Rp. 29.000 dan telur 1 papan Rp. 47.000.

Ada juga cabai merah merah besar 1/2 kg Rp. 28.000 dan bawang merah 1/2 kg Rp. 26.000 dan total 1 paket Rp. 208.000.

“Keberlangsungan pangan murah ini tak lepas dari adanya kolaborasi antara Dinas Pangan Aceh Besar bersama dengan Perum Bulog Kanwil Aceh dan akan digelar di 10 Kecamatan di Aceh Besar mulai hari ini di Tungkop, besok di Baet Baitussalam hingga 12 Juni mendatang di Lon Hasan Leumbah Seulawah,” ujarnya.

Tujuan utama diadakannya pangan murah, menurutnya hal ini menjadi salah satu upaya untuk memberikan kepastian kepada bahwa ketersediaan dan harga barang pokok sangat aman dan terkendali.

“Yang jelas persediaan kita sangat cukup dan sangat aman, harga juga masih terkendali. Seperti Bulog tidak hanya menyediakan beras SPHP (Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan) tetapi juga beras premium, masyarakat bisa menikmati dengan harga di bawah harga pasar,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Darussalam Burhanuddin, S.Sos, M.Si menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Aceh Besar yang telah menggelar pangan murah di Kecamatan Darussalam.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Pemkab Aceh Besar, kami pilih Kemukiman Tungkop agar gelaran pangan murah di Darussalam bisa merata, karena Kecamtan Darussaalam memiliki 29 Gampong dan 3 Mukim, dan di Tungkop ini baru pertama kali digelar serta hari ini Tungkop pun yang menjadi daerah pertama ynag digelar pangan murah oleh Pemkab Aceh Besar,” tuturnya.

Disamping itu, Nur Dahri, warga Tungkop yang mengikuti kegiatan gelar pangan murah, mengatakan bahwa pangan murah ini sangat luar biasa dan bermanfaat bagi warga. Pasalnya, ia jadi bisa membeli beras dan sembako lainnya dengan harga yang lebih murah di pasaran.

“Senang sekali, Alhamdulillah ada Gerakan Pangan Murah, sangat membantu dan bermanfaat. Terima kasih Pemkab Aceh Besar sudah mengadakan gelaran ini,” ucapnya.

“Ini sungguh luar biasa dan sangat membantu, saya baru saja membeli 1 paket sembako pada pangan murah ini dan nantinya sebagian dari ini akan saya berikan kepada saudara-saudara saya yang kurang mampu,” ungkapnya kembali.

Hal senada juga disampaikan Martini, menurutnya kegiatan pangan murah sangat membantu warga di kawasan tersebut. Sebab, menurutnya berbagai produk bahan pokok itu dijual dengan harga lebih murah.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, senang sekali karena sangat membantu. Dari segi harga lebih murah, harapan saya bisa terus diadakan di wilayah ini sekali saja. Terima kasih juga kepada Aceh Besar yang sudah mengadakan kegiatan ini,” pungkasnya.(Rel)

banner 325x300