Peringatan Hari TBC Sedunia, Rutan Sigli Gelar Sosialisasi Serta Skrining TBC Dan HIV Kepada WBP

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Menjelang peringatan Hari TBC Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 24 Maret, pagi ini, Rabu 23 Maret 2022, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sigli menggelar sosialisasi serta skrining TBC dan HIV kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), kegiatan tersebut berkerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie serta Puskesmas Kota Sigli.

Sebanyak 7 orang petugas dari Dinas Kesehatan Pidie dan Puskesmas Kota Sigli turut hadir dalam acara sosialisasi dan skrining TBC dan HIV, yang bertempat di Aula Rutan Kelas IIB Sigli. Kegiatan diawali dengan sosialisasi tentang penyakit TBC dan HIV kepada WBP.

Kepala Rutan Kelas IIB Sigli, A. Halim Faisal, AmdlP, S.H., menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah awal pengendalian penyakit TBC dan HIV di Lingkungan Rutan Kelas IIB Sigli.

‚ÄúPengendalian TBC dan HIV merupakan salah satu program prioritas kesehatan bagi Rutan Kelas IIB Sigli, dengan adanya kegiatan pagi ini akan menjadikan langkah awal bagi Rutan Kelas IIB Sigli dalam mengendalikan penyakit TBC dan HIV melalui sosialisai dan skrining yang nanti akan dilaksanakan oleh pihak petugas Kesehatan dari Dinkes dan Puskesmas Kota Sigli,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan itu, petugas kesehatan dari Dinkes dan Puskesmas Kota Sigli memberikan sosialisasi ringan kepada warga binaan. Pemateri menyampaikan bahwa Tuberkulosis merupakan infeksi bakteri serius, infeksi ini terutama menyerang paru-paru, tapi juga dapat terjadi pada bagian lain tubuh, misalnya, otak, tulang belakang, dan ginjal.

Pemateri juga menyampaikan, jika nanti skrining awal ditemukan warga binaan terindikasi TBC maka akan dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan metode TCM atau tes cepat molekuler.

Jika dari skrining awal ditemukan adanya yang terindikasi TBC maka akan dilanjutkan dengan pengambilan spesimen dahak untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan metode TCM atau Tes Cepat Molekuler oleh Dinkes.

Bagi WBP dengan hasil positif akan ditindaklanjuti dengan pengobatan sampai tuntas dalam pengawasan Tim Medis Rutan Sigli, Dinkes dan Puskesmas Kota Sigli, sesuai dengan slogan TOSS yang artinya Temukan TBC Obati Sampai Sembuh, demikian isi materi yang diberikan kepada WBP.

Pada bagian terakhir, Kepala Rutan, A.Halim Faisal berharap dengan adanya kegiatan ini, maka WBP Rutan Sigli bisa lebih memahami terkait penyakit TBC dan HIV terutama jika memiliki gejala bisa memeriksakan diri lebih awal untuk penanganan yang lebih cepat dan dapat mencegah penularan di Lingkungan Rutan Kelas IIB Sigli. (AA/hR)

banner 325x300