DAERAH  

Peringatan Harlah Pancasila 2024 di Pidie, Pj Bupati Ajak Seluruh Komponen Bersama-sama Merawat Pancasila

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Penjabat (Pj) Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto, M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Tengah Kantor Bupati Pidie, Sabtu (01/06/2024).

Turut hadir pada peringatan ini, Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf Abd. Jamal Husin, M.Han., bersama unsur Forkopimda lainnya, Sekda Pidie, para Staf Ahli, para Asisten, para Kadis/Kaban/Kakan, para Kabag, Camat, Personel TNI, Polri, Kejari Pidie, para Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, serta ASN di Lingkungan Pemkab Pidie.

Bertindak sebagai komandan upacara pada hari ini Fazil Akhlul Nasir, S.Tr.IP., dan yang bertugas menaikkan Bendera Merah Putih dari Paskibra Kabupaten Pidie tahun 2023, yaitu Ariel Ranalda Rangkuti,
Farras Akbar, dan Haikal Aulia.

Pembacaan Teks Pancasila oleh Fajar Azhari, S.Tr.Ip., Pembacaan Teks UUD 1945 oleh Deni Arianda, S.IP., dan Perwira Upacara oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Teuku Iqbal, S.STP., M.Si.

Dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi yang disampaikan oleh Pj Bupati Pidie, bahwa Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, dan keberadaan pancasila merupakan anugerah.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat, sebutnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Pidie mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong serta merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Serta bekerja sama dan berkolaborasi dalam menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Diakhir kegiatan Peringatan Harlah Pancasila tersebut juga dilaksanakan pembagian Bendera Merah Putih dalam rangka Gerakan Pengibaran 10 juta Merah Putih di seluruh Indonesia.

Pembagian Bendera Merah Putih oleh Pj Bupati, secara simbolis bersama Dandim 0102/Pidie, Letkol Inf Abd. Jamal Husin, M.Han., juga unsur Forkopimda lainnya, kepada para Kadis/Kaban/Kakan, Kabag, Camat, para Pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Pidie, serta para Veteran pejuang Kemerdekaan RI.

Pj Bupati yang turut didampingi oleh Kaban Kesbangpol Pidie, juga membagikan Bendera Merah Putih kepada masyarakat yang melintas di jalan seputaran Kantor Bupati dan Makodim Pidie.(AA/hR)

banner 325x300