banner 325x300

banner 728x90

Pj Bupati Aceh Besar Pimpin Upacara Apel Tahunan Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U

banner 120x600

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP MM menjadi Inspektur upacara Apel Tahunan Perkenalan Khutbatu-L ‘Arsy Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U di Gampong Lam Jampok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu (12/08/2023). Foto/hR/ Prokopim Pemkab Aceh Besar.

Kota Jantho, haba RAKYAT | Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM memimpin upacara apel tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U, di Gampong Lamjampok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Sabtu (12/9/2023).

Muhammad Iswanto menjadi kepala daerah Aceh Besar yang pertama menjadi inspektur upacara di pesantren tersebut. Sebelumnya, Pj Bupati Aceh Besar itu juga didapuk untuk menjadi inspektur upacara di Pesantren Modern Tgk Chik Oemar Diyan Indrapuri, juga saat orientasi santri baru. Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyampaikan, Pesantren Al Falah Abu Lam U ini merupakan salah satu pesantren modern yang berkualitas di Kabupaten Aceh Besar.

“Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya penghargaan yang telah diraih oleh pesantren ini baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu juga dapat kita lihat dari banyaknya alumni Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini yang lulus di berbagai universitas ternama baik itu didalam negeri maupun di luar negeri,” ujarnya.

Selain itu lanjut Iswanto, Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai pusat pembentukan karakter dan akhlak yang mulia.

Para santri tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan umum, tetapi juga mendalami ajaran agama yang menjadikan mereka sebagai generasi-generasi yang berakhlakul karimah, berwawasan luas, dan berjiwa sosial tinggi.

“Maka pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, saya merasa terhormat karena ditunjuk sebagai Inspektur Upacara pada rangkaian acara Khutbatul ‘Arsy Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini,” ucapnya.

Iswanto menegaskan, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi apel tahunan Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini. Karena melalui apel tahunan inilah santriwan santriwati bisa saling mengenal satu sama lain dengan lebih dekat, baik itu antara santri dengan santri maupun santri dengan asatidz dan asatidzahnya,” tambahnya.

Di samping itu pula, Iswanto berharap melalui Khutbatul ‘Arsy ini dapat menambahkan wawasan yang berharga bagi para santri baik santri yang baru yang akan menimba ilmu di pesantren ini maupun santri-santri yang sedang menimba ilmu di pesantren ini.

“Selain itu juga melalui apel ini pula kita berharap dapat membentuk santri-santri yang aktif, kreatif, produktif, kompak dan punya solidaritas tinggi,” harapnya.

Iswanto berpesan agar santriwan santriwati Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini untuk terus bersemangat dalam menjalani kegiatan di pesantren, dan jangan terlena dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

“Gunakanlah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, karena waktu bagaikan pedang jika kita tidak mampu menggunakannya maka ia akan menghunus kita. Oleh karena itu mari gunakan waktu dengan sebaik baiknya agar kelak adik adik menjadi santri yang berguna dan bermanfaat bagi orang tua, bangsa dan negara,” terangnya.

Iswanto berharap agar melalui Apel ini Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U bisa terus menjadi pesantren yang menjaga kualitas pendidikan, baik itu pendidikan umum ataupun pendidikan agamis.

Sehingga Pesantren Al Falah Abu Lam U bisa terus melahirkan insan-insan qur’ani yang kompeten dan siap bersaing di era global serta terus berperan di garda terdepan dalam melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dan keislaman.

Pimpinan Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U Muhammad Fajri, S.Pd.I kepada media, mengatakan, apel tahunan yang merupakan bagian dari Khutbatul ‘Arsy Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U ini, merupakan event tahunan yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan memperkenalkan kepada santriwan santriwati yang baru, tentang bagaimana kegiatan-kegiatan di Kampus Pesantren Al Falah Abu Lam U.

“Baik itu kegiatan sekolah, kegiatan asrama, ekstrakurikuler dan lain sebagainya, serta menampilkan bakat dan talenta santri sehingga bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelas dalam berkreativitas selama menjalani rangkaian kegiatan di kampus pesantren. Dari kegiatan ini kita ketahui bersama jika santri merupakan anak didik yang paling kreatif,” tuturnya.

Selain upacara, kegiatan tersebut juga diwarnai dengan berbagai atraksi dari para santriwan dan santriwati Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U. Selain dihadiri Pimpinan Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U, Muhammad Fajri, S.Pd.I dan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM beserta Pj Ketua TP PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani S.I.P., MM.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Satpol PP dan WH Aceh Besar, Muhajir S.STP, MPA. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Agus Jumaidi S.Pd, M.Pd, Kepala Pendidikan Dayah Aceh Besar Adi Darma,S.Pd, M.Pd, Camat Ingin Jaya Al Mubarak Akbar S.STP, MM, Kapolsek Ingin Jaya dan Danramil Ingin Jaya beserta Kepala Sekolah Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U dan dewan guru. (Rel)

banner 325x300