banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Pj Bupati Asra Meresmikan Gammawar

banner 120x600

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, saat menyampaikan sambutan pada peresmian Gampong Mawaddah Warahmah. (Foto/ hR/ Muharram Syafri)

Aceh Tamiang, haba RAKYAT
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang sangat mengapresiasi TP-PKK yang telah menginisiasi kegiatan ini. “Ini merupakan perwujudan kampung dengan 10 program pokok PKK yang dimulai dari posyandu, kesejahteraan perempuan, perlindungan anak dan kegiatan pendukung lainnya.

Demikian hal ini diungkapkan, Pj. Bupati Aceh Tamiang Drs. Asra ketika meresmikan serta meluncurkan Gampong Mawaddah Warahmah (GAMMAWAR) di Kampung Alur Mentawak, Kecamatan Kejuruan Muda, Rabu (8/5/2024).

“Peran para ibu sangat penting dalam menjalankan 10 program pokok PKK yang ada, mulai dari pengamalan Pancasila, pembentukan akhlak dan peningkatan perekonomian keluarga hingga kesehatan anak,” terangnya.

“Rumah boleh sederhana tetapi harus bersih. Maka dari itu, Gammawar ini sangat penting, karena semua program pokok PKK terimplementasi di dalamnya,” ucap Pj. Bupati Asra.

Lebih lanjut, Pj. Bupati Asra mengatakan, pengendalian masalah semacam stunting memang mesti dimulai dari mengubah pola pikir masyarakat yang disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Masalah seperti stunting, sebenarnya bisa kita selesaikan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sehingga masalah stunting meskipun tidak tuntas, tetapi tidak melahirkan angka stunting yang baru. Dan paling utama, dampak dari perlombaan ini diharapkan masyarakat menjadi lebih sehat lahir dan batin,” harapnya.

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra, ketika memotong pita peresmian Gampong Mawaddah Warahmah. (Foto/ hR/ Muharram Syafri)

Mengakhiri sambutannya, Pj. Bupati Asra meminta seluruh SKPK terkait berpatisipasi aktif menyukseskan program gammawar di Kampung Alur Mentawak, kecamatan Kejuruan Muda.

“Kami menghimbau kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kiranya dapat membantu mengoptimalkan implementasi Gammawar yang dipusatkan di Kampung Alur Mentawak, Kecamatan Kejuruan Muda ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Datok Penghulu Alur Mentawak, Jajang Sunaryo dalam sambutan mengatakan, penunjukan Kampung Alur Mentawak sebagai kampung Gammawar merupakan hal yang mengejutkan sekaligus menjadi tantangan tersendiri.

“Mudah-mudahan dengan di tunjuknya Kampung ini sebagai Gammawar, angka stunting di Alur Mentawak bisa berkurang. Namun kami berharap dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dapat memberikan dukungan optimal dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan, Plt. Sekda Kabupaten Aceh Tamiang, para Kepala SKPK, para Camat, Ketua TP-PKK Aceh Tamiang beserta anggota, ibu Ketua DWP Aceh Tamiang beserta anggota, Forkopicam Kejuaraan Muda, Ketua TP-PKK Kecamatan Kejuaraan Muda, para penyuluh pertanian, Datok Penghulu beserta perangkat, serta tamu undangan lainnya. (ms)

banner 325x300