banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Pokdarwis Pirak Tour Tabur 1000 Benih Ikan Nila di Rumah Cut Mutia

banner 120x600

Photo: Ketua Pokarwis Pirak Tour ketika melepaskan 1000 benih ikan nila kedalam kolam di Komplek Situs Cagar Budaya Nasional Rumah Cut Mutia di desa mesjid Pirak Kecamatan Matangkuli. Sabtu, (4/5/photo/ist/hR/Azhary)

Lhoksukon, haba RAKYAT | Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pirak Tour menabur 1000 Benih Ikan Nila bertujuan menjadikan nilai daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Situs Cagar Budaya Nasional Rumah Cut Mutia di Desa Mesjid Pirak Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (4/5/2024).

Ketua Pokdarwis, Zulkifli didampingi Bendahara Reo yang juga sebagai Ketua Pemuda setempat mengatakan, Penaburan benih ikan tersebut bertujuan menjaga kebersihan kolam dari Lumut air dan menjadi salah satu pesona destinasi wisata baru serta menjadikan kolam menjadi tampak asri, bersih dan menarik.

“Kondisi kolam selama ini dipenuhi dengan lumut air, malah sering dibersihkan kembali seperti semula, kami berinisiatif kolam yang selama ini kotor untuk menjadi kolam tersebut menjadikan daya tarik baru bagi wisatawan” sambung Ketua Pokdarwis Zulkifli.

“Kami telah mengusulkan ke Pj Bupati Mahyuzar untuk membuat pencegahan sinar matahari langsung ke kolam untuk mencegah lumut berkembang biak dan juga mengusulkan renovasi baik rumah maupun tempat penampungan Padi (kroeng) yang sudah rusak baik lantai dan atap juga bagian lainya” ucapnya.

“Alhamdulillah Pak Pj Mahyuzar juga sudah mengunjungi pada 6 april 2024 lalu dan melihat secara langsung kondisi Situs Cagar Budaya Rumah Cut Meutia, beliau merespon untuk diakomodir pada alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Perubahan (APBK-P) 2024, kami berharap hal ini bisa diakomodir beliau” papar Zulkifli.

Ketua Pokdarwis Pirak Tour juga menilai keberhasilan Pariwisata di desa sangat ditentukan oleh bagaimana desa wisata sebagai lokasi Geografis aktivitas wisata dapat memberikan pengalaman wisata yang baik bagi pengunjung (wisatawan), Pengalaman wisata pengunjung tercipta dari bagaimana kita mengemas sumber daya yang ada yang saat ini kita lakukan dengan menabur benih ikan nila menjadikan destinasi wisata baru.

“Kami Atas Nama Pokdarwis Pirak Tour mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan Pemerintah Aceh Utara dalam memajukan Pariwisata”, pungkasnya. [Azhary]

Foto: Pokarwis Pirak Tour Melepaskan 1000 Benih ikan nila kedalam kolam di Koplek Situs Cagar Budaya Nasional Rumah Cut Mutia di desa mesjid Pirak Kecamatan Matangkuli

banner 325x300