DAERAH  

Prajurit, PNS dan Persit KCK Cab XIX Kodim 0102/Pidie Terima Penyuluhan Hukum Dari Kumdam IM

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT | Personel Kodim 0102/Pidie, beserta PNS dan anggota Persit KCK Cabang XIX, menerima penyuluhan hukum dari Tim Kumdam Iskandar Muda (IM), bertempat di Aula Salimuddin Kodim 0102/Pidie, Rabu (28/05/2024). kegiatan ini mengusung tema “Optimalisasi Peran Hukum bagi Prajurit, PNS TNI AD, beserta keluarganya guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

Ketua tim penyuluh, Letkol Chk Agus Ginanto, S.H., memimpin penyuluhan didampingi oleh Letda Chk Rahmadi, S.H., dan Serka Anggi. Dalam kegiatan ini, hadir Dandim 0102/Pidie yang diwakili oleh Danramil 14/Mila, Kapten Inf Rusli Legino, serta perwira staf, Danramil, Babinsa, PNS, dan anggota Persit KCK Cabang XIX Kodim 0102/Pidie.

Dalam sambutannya, Kapten Inf Rusli Legino, mewakili Dandim 0102/Pidie Letkol Inf Abd. Jamal Husin, M.Han., menyatakan bahwa kegiatan penyuluhan hukum ini rutin dilakukan untuk menjaga kedisiplinan prajurit di satuan masing masing.

Ia menekankan pentingnya memahami materi penyuluhan agar prajurit dapat menjalankan tugas dengan benar dan tidak melakukan kesalahan yang merugikan diri sendiri dan mencemar nama baik kesatuan.

Lebih lanjut, Kapten Inf Rusli Legino berpesan kepada seluruh peserta untuk mengambil inti sari dari penyuluhan ini dan menyebarluaskan pengetahuan yang didapat kepada rekan rekan yang tidak dapat hadir.

Hal ini bertujuan agar seluruh personel Kodim 0102/Pidie memahami dan menerapkan pengetahuan hukum yang benar.

Ketua tim penyuluhan hukum Kumdam IM, Letkol Chk Agus Ginanto dalam sambutannya, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja bidang personel Kumdam IM untuk menegakkan hukum di jajaran TNI AD.

Tujuan utama penyuluhan ini adalah untuk meminimalisir pelanggaran hukum dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan hukum bagi prajurit, PNS, dan keluarga mereka.

Materi penyuluhan meliputi berbagai aspek hukum seperti tindak pidana menonjol dalam KUHP (asusila, penganiayaan, pembunuhan, pengeroyokan), penghapusan KDRT, lalu lintas, narkotika, ITE, serta tindak pidana militer seperti THTI, desersi, dan insubordinasi.

Selain itu, tim Kumdam IM juga mensosialisasikan penekanan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) terkait penggunaan Media Sosial (Medsos) dan tindakan tegas terhadap pelanggaran yang terdeteksi oleh patroli siber.

Dengan penyuluhan ini, Letkol Chk Agus Ginanto berharap prajurit dan PNS di jajaran Kodam IM, khususnya di Kodim 0102/Pidie, dapat memahami aturan hukum yang berlaku dan meminimalisir pelanggaran, sehingga tugas pokok TNI AD dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan disiplin dan optimal kedepannya.(AA/hR)

banner 325x300