banner 325x300

banner 728x90

Prihatin Terhadap Pengungsi Rohingya di Bireuen, MAPIM Kembali Kirim Bantuan

banner 120x600

Bireuen, haba RAKYAT | Prihatin dengan nasib 114 pengungsi Rohingya di Kabupaten Bireuen, Majlis Perundingan Pertubuhan Islam Malaysia (MAPIM) kembali mengirim bantuan kemanusiaan.

Sebelumnya pada Rabu, 16 Maret 2022, Penyelaras MAPIM Shah Alam Selangor Malaysia, H. Badaruddin bin Dawam mengirim bantuan untuk pengungsi Rohingya melalui rekannya di Kabupaten Bireuen, Umar A Pandrah, anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bireuen.

“Mereka (MAPIM) sangat prihatin dengan nasib Rohingya di Bireuen setelah membaca berita di media. Makanya Haji Badaruddin meminta Saya untuk mengantarkan lagi bantuan,” kata Umar A Pandrah usai menyerahkan bantuan dari MAPIM untuk Rohingya yang ditampung di Gedung Serbaguna Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Kamis (24/3/2022)

Bantuan berupa beras, telur ayam, mie instan, makanan ringan dan pembalut wanita dari MAPIM diserahkan oleh Abu Uma — sapaan akrab Umar A Pandrah, diterima Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Jangka Juanda Abdullah, SE.

Sekcam Jangka, Juanda Abdullah mengucapkan terima kasih atas perhatian MAPIM kepada pengungsi Rohingya.

“Kami sangat berterimakasih atas kepedulian MAPIM yang mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya,” sebut Juanda.

Sebagai informasi, 114 warga Rohingya terdampar di Kabupaten Bireuen, tepatnya di Gampong (Desa) Alue Buya Pasi Kecamatan Jangka pada Minggu, 6 Maret 2022.

Sebelum ditempatkan di gedung serbaguna Kecamatan Jangka, warga Rohingya tersebut menempati tenda darurat yang didirikan di depan meunasah Gampong Alue Buya Pasi.

Sementara Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN) telah mengeluarkan perintah pemindahan pengungsi etnis Rohingya di Kabupaten Bireuen dan Kota Lhokseumawe ke Kota Pekan Baru Provinsi Riau.

Perintah pemindahan pengungsi itu ke Kota Pekan Baru berdasarkan surat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Nomor : B-708/KM.00.02/3/2022, tanggal 16 Maret 2022 yang ditandatangani atas nama Deputi V/Kamtibmas, Asdep 3/V Kamtibmas, Dr Bambang Pristiwanto, SH MM. (Red)

banner 325x300