banner 728x250
DAERAH  

Proyek Fisik Revilitasi Gedung, Kejari Bireuen Dapat Kuncuran Anggaran Rp 2,9 Milyar dan Polres Rp 2,8 Milyar

banner 120x600
banner 468x60

Kepala Dinas PUPR Bireuen Fadhli Amir ST. (Foto. UAP)

Bireuen – Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui anggaran APBK Bireuen Tahun Anggaran 2022 kembali mengalokasi anggaran Rp 5,7 Milyar untuk dua instansi vertikal yang ada di Kabupaten Bireuen.

banner 325x300

Kedua instansi vertikal tersebut, yaitu Kejari Bireuen proyek pembangunan revilitasi gedung mendapatkan kuncuran dana dari Pemkab Bireuen sebanyak Rp 2,9 Milyar.

Sedangkan untuk Polres Bireuen, Pemkab Bireuen mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 2,8 Milyar untuk pembangunan tempat parkir dan Barak Dalmas Mapolres Bireuen.

Dua proyek tersebut akan dikerjakan tahun ini.” Ia betul, akan dikerjakan tahun ini,” kata Kepala Dinas PUPR Bireuen Fadhli Amir ST, kepada Wartawan, Jumat kemarin (22/4/2022).

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Bireuen Muhammad Efendi mempertanyakan urgensi Pemkab Bireuen yang hampir setiap tahun mengucurkan dana yang tak begitu sedikit untuk dua instansi vertikal yang ada di Kabupaten Bireuen ini.

Padahal kebutuhan masyarakat Bireuen ada yang lebih mendesak untuk diutamakan oleh Pemkab Bireuen. Apalagi tingkat kemiskinan di Bireuen masih tinggi. “Ini terkesan Pemkab Bireuen rumah orang diperbaiki sementara rumah sendiri ditinggalkan,” kata Muhamad Efendi, Sabtu (23/4/2022) kepada wartawan.

Begitu juga Legislatif (DPRK) Bireuen terkesan mengabaikan fungsi control dalam pembahasan Anggaran. “Kalau Pak Dewan kita menggunakan fungsi control dengan baik, tentu anggaran yang bukan skala prioritas bisa dibatalkan dalam pembahasan,” ungkap Muhammad Efendi.

Dari catatan wartawan ini Pemkab Bireuen hampir tiap tahun selalu mengalokasi anggaran untuk pembangunan gedung instansi vertikal. Misalnya tahun 2019 s/d 2020, total Dana Hibah Pemkab Bireuen yang dipakai untuk pembangunan Gedung Mapolres Bireuen mencapai Rp 6,2 Milyar lebih.

Begitu juga untuk pembangunan Kantor Kejari Bireuen. Misalnya di APBK Perubahan Tahun 2021, anggaran rehab Kantor Kejari Bireuen hampir Rp 500 juta lebih. Makanya tahun ini kembali mendapat suntikan anggaran Rp 2,9 Milyar untuk revilitasi kantor Kejari Bireuen. (UAP)

banner 325x300