banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Rangkaian Kegiatan Meriahkan HUT ke-78 RI di Pidie

banner 120x600

Sigli,haba RAKYAT |
Meriahkan HUT ke-78 RI di Kabupaten Pidie, usai pelaksanaan upacara pada 17 Agustus 2023, Panitia Pelaksanaan (Panpel) juga akan menggelar serangkaian kegiatan yang bertempat di PCC Sigli, dari Sabtu 19 hingga Minggu 20 Agustus 2023.

Disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) Panpel HUT ke-78 RI di Kabupaten Pidie, Edy Saputra, S.IP., M.M., Rabu (16/08/2023), bahwa dalam rangka memeriahkan HUT RI tahun ini, Panpel juga menggelar berbagai rangkaian kegiatan.

“Gebyar Kemerdekaan sekaligus peringatan Hari Gajah, Harimau dan Orang Utan sedunia, dengan berbagai kegiatan akan digelar mulai 19 hingga 20 Agustus 2023 di PCC Sigli”, ungkap Edy.

Diawali, pada Sabtu, dengan Fun Bike dan perlombaan Senam pada pukul 07.00 wib sampai pukul 09.30 wib, serta penarikan hadiah Fun bike dan Senam, oleh Forkopimda Pidie. Kemudian Bazar, pemutaran vidio tentang lingkungan dan satwa serta pembagian bibit tanaman oleh P3K BKSDA Aceh.

Selanjutnya, santunan anak yatim dan Bazar UMKM oleh Forkopimda Pidie, Lomba mewarnai dan pembagian hadiah oleh Komunitas ISBI, berlangsung sampai pukul 17.30 wib, jelasnya,

Usai pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Doa, Sabtu pukul 20.30 wib, Panpel menampilkan pementasan Tari Pukat oleh sanggar tari Pusaka Nanggroe. Dan sekira pukul 21.00 wib Sabtu malam, sebagai resminya acara, sambutan dan pembukaan ditandai pemukulan Rapa’i oleh Pj Bupati bersama unsur Forkopimda Pidie.

Edy Saputra, yang juga Kadisparpora Pidie, juga menyampaikan, kegiatan ini menampilkan pemutaran vidio edukasi tentang lingkungan dan satwa oleh Yusuf Iswantoro, seterusnya Talkshow sesi 1 dan pembagian doorprize untuk dua audience, serta Talkshow sesi 2 dan pembagian hadiah untuk dua orang audience, Talkshow ini dipandu oleh Bardan Sahidi.

Penyerahan plakat sebagai ucapan terimakasih untuk narasumber dan moderator kegiatan oleh Kepala DLH, Firman Maulana, S.STP., M.A.P., Kadisparpora, dan Staf Ahli Bupati Pidie, pembagian doorprize kepada tiga audience dan pertunjukan tarian, mengakhiri pertunjukan hari pertama Gebyar Kemerdekaan HUT RI 2023 di Pidie.

Sedangkan pada Minggu, 20 Agustus 2023, di tempat yang sama, kegiatan diawali dengan penanaman pohon, sekira pukul 07.00 wib yang dipandu oleh DLH Pidie, dilanjutkan dengan senam massal bersama unsur Forkopimda hingga pukul 10.00 wib.

Dan diakhiri dengan Bazar, pemutaran vidio tentang lingkungan dan satwa juga pembagian bibit tanaman oleh P3K BKSDA Aceh.

Acara yang berlangsung sampai pukul 16.30 wib ini diharapkan menjadi daya tarik dan memotivasi masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih cinta terhadap tanah air serta tumbuhnya rasa kepedulian terhadap lingkungan hidup, harap Edy.

“Rencananya, gelaran Gebyar Merdeka HUT ke-78 RI sekaligus peringatan Hari Gajah, Harimau dan Orang Utan sedunia 2023 akan ditutup oleh Kepala DLH bersama Kadisparpora”, terang Sekum Panpel.(AA/hR)

banner 325x300