banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Relawan Persaudaraan Aceh Seranto Antarkan Jenazah Nurmala Hingga kerumah Duka

banner 120x600

Aceh Timur, haba RAKYAT I Isak tangis keluarga Nurmala Binti Sulaiman warga Gampong Blang Rambong Kecamatan Banda Alam Aceh Timur terdengar histeris ketika ambulance Persaudaraan Aceh Seranto tiba dirumah duka mengantarkan jenazah Nurmala wanita kelahiran Gampong Blang Rambong 8 Mei 1974

Diketahui, Nurmala meninggal dunia dinegeri jiran Malaysia pada 24 September 2023 di Hospitals Banting Selangor karena menderita sakit Pending Laboratory investigation sebagaimana surat yang ditandatangani oleh Dr. Asyraf Ismail pada tanggal (24/9/2023).

Kabar duka ini disampaikan oleh Kepala Desa Blang Rambong Salmadi Saleh kepada ketua DPD PAS Aceh Timur Zulkifli Aneuk Syuhada dan selanjutnya Aneuk Syuhada memohon bantuan pemulangan jenazah Nurmala dari Bandara Internasional Kualanamu Medan ke rumah duka lewat program Pemulangan jenazah gratis oleh Paguyuban Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) dibawah komando H. Akhyar Kamil. SH.

Zulkifli menyampaikan kabar duka tersebut kepada Ketum PAS H.Akhyar Kamil dan kepada ketua PBB-AM (Persatuan Bireuen Bersatu Aceh Malaya) Teuku Haikal untuk dapat membantu mengurus pemulangan jenazah almarhum Nurmala binti Sulaiman ke Aceh Timur, Provinsi Aceh Indonesia.

Teuku Haikal ketum PBB-AM yang dihubungi awak media ini membenarkan informasi tersebut., “iya benar, saya mendapatkan informasi tersebut dari Zulkifli Aneuk Syuhada yang merupakan Ketua DPD PAS Aceh Timur, setelah saya mendapatkan informasi dan saya berkomunikasi dengan pihak keluarga serta pemerintah Desa Blang Rambong untuk proses pemulangan jenazah almarhum ke rumah duka di Aceh Timur,” ujar T. Haikal via pesan Whatsapp pada, Selasa 26 September 2023.

Alhamdulillah berkat bantuan masyarakat Aceh diperantauan dan para dermawan serta pihak keluarga, proses pemulangan jenazah berjalan lancar, serta biaya pemulangan jenazah almarhum Nurmala binti sulaiman sudah ter tanggulangi, kata T. Haikal.

T.Haikal menerangkan untuk selanjutnya dari Bandara Internasional Kualanamu Medan ke rumah duka dipulangkan oleh Paguyuban Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) di bawah komandan H. Akhyar Kamil secara gratis.

Sementara, H. Akhyar Kamil ketika dihubungi awak media mengatakan, “Insya Allah kami Paguyuban Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) Siap membantu memulangkan jenazah Putra-putri aceh yang meninggal dunia diperantauan, namun untuk di Malaysia kami belum ada kepengurusan, maka dalam hal ini kami baru bisa membantu dari kualanamu medan ke rumah duka,” kata Akhyar.

Selama ini untuk jenazah dari Malaysia kami bekerjasama dengan organisasi Aceh di Malaysia (PBB-AM) yang diketuai oleh Teuku Haikal, beliau yang mengurus segala administrasi, sedangkan kami hanya membantu pemulangan jenazah secara gratis dari medan kerumah duka,” ulasnya.

Sebagai informasi, jenazah almarhum Nurmala binti Sulaiman yang meninggal dunia di Malaysia yang dipulangkan ke Gampong Blang Rambong kecamatan Banda Alam Kabupaten Aceh Timur merupakan jenazah yang ke 309 yang dipulangkan oleh Paguyuban Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) secara GRATIS.

Iskandar Tgk imam Gampong Blang Rambong dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas bantuan dan partisipasinya semua pihak, “kami atas nama pemerintah Gampong Blang Rambo dan ahli bait Mengucapkan terimakasih atas bantuan dan partisipasinya ketum PAS dan seluruh anggota relawannya, kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pemulangan jenazah almarhum Nurmala binti sulaiman, mulai dari kepengurusan di Malaysia sampai tiba di rumah duka,” ujar tgk Iskandar.

Semoga kekompakan dan solidaritas ini terus terjalin dan Allah merahmati kita semua, semoga Allah membalas semua kebaikan yang dilakukan oleh relawan PAS, tuturnya.

Reporter: ZAS

banner 325x300