banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

RTA Aceh Utara, Kembali Cetuskan Program Pelatihan “Ilmu Faraidh” dan Resmi Dibuka

banner 120x600

Aceh Utara, haba RAKYAT | Pengurus Cabang Rabithah Thaliban Aceh (PC-RTA) Kabupaten Aceh Utara resmi membuka pelatihan Takhassus Ilmu Faraidh bagi santri Se-Aceh Utara.

Mewakili Bupati Aceh Utara, pelatihan Takhassus Ilmu Faraidh ini, resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Utara, Tgk. Abdullah Hasbullah, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati setempat, Minggu (20/03).

Sisi lain, organisasi ini juga dikenal sebagai pelaksana “Kajian Milenial” rutin bulanan di sejumlah Cafe di wilayah Aceh Utara, yang kini kembali cetuskan program pelatihan ilmu faraidh.

Dalam sambutannya, Rais ‘Am PC RTA Aceh Utara, Tgk. Hafiz Al Mansuri mengatakan, pelatihan Takhassus Ilmu Faraidh ini merupakan hasil program yang telah disepakati bersama oleh semua pengurus saat rapat kerja (Raker) di awal tahun 2022 lalu.

“Insya Allah, Kajian atau Pelatihan Takhassus Ilmu Faraidh ini akan dimulai pada Sabtu, 26 Maret mendatang, yang akan di bimbing oleh Abati Nawawi Nibong,” ujar Tgk. Hafiz.

Dikatakannya, bahwa pelatihan ilmu Faraidh ini akan dilaksanakan nantinya, di Dayah Al Hilal Al Aziziyah Kecamatan Nibong, dibawah kepemimpinan Abati Nawawi, yang diikuti oleh seluruh peserta pelatihan yang telah bergabung.

Lebih lanjut, Tgk. Hafiz menyebutkan, untuk pelatihan Takhasus Ilmu Faraidh ini, nantinya akan diikuti oleh 30 peserta yang merupakan santri dari berbagai Dayah di Aceh Utara, yang telah bergabung saat dibukanya pendaftaran beberapa pekan silam.

“Sebenarnya yang mendaftar itu banyak, namun 30 peserta itu adalah santri dari berbagai Dayah di Aceh Utara yang telah melewati tahap seleksi. Kuota peserta kita batasi, supaya nantinya lebih fokus saat pembelajaran,” jelas Tgk. Hafiz.

Kepada semua peserta dirinya berharap, agar berkomitmen untuk mengikuti pelatihan ini hingga selesai yang targetnya sampai 5 bulan, dengan satu kali pertemuan dalam seminggu, yaitu setiap hari Sabtu.

Selain acara pembukaan pelatihan Ilmu Faraidh, Rais ‘Am Tgk. Hafiz Al Mansuri juga melantik Pengurus Anak Cabang (PAC) RTA Aceh Utara untuk 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Pirak Timu, Baktiya dan Dewantara.

Pada kesempatan itu juga, dilakukan penyerahan secara simbolis tas souvenir pelatihan ilmu faraidh kepada PAC dan penyerahan cenderamata untuk tiga Rais ‘Am PAC RTA Aceh Utara yang baru saja dilantik.

Sementara satu cenderamata lagi, diterima Tgk. Murhaban selaku Ketua Panitia pelaksana “Kajian Milienial” rutin bulanan yang juga saat ini dipercayakan menjabat Humas PC RTA Aceh Utara dan sebagai salah seorang Penyuluh Agama Islam Non PNS di lingkungan Kementerian Agama Aceh Utara.

Kegiatan ini turut dihadiri Anggota DPR Aceh Tgk. Mawardi, SE, Ketua NU Aceh Utara Waled T. Zulfadli Ismail, Ketua HUDA Aceh Utara Abi H. Ibnu Saddan TB, S.Sos.I, Perwakilan Polres Aceh Utara, Camat Pirak Timu dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Sebelum acara berakhir, diwarnai tausyiah dan ditutup dengan do’a oleh Tgk. T. Zulfadli Ismail, yang akrab disapa Waled Landeng. (Yoes/hR)

banner 325x300