Kerusakan ruas jalan Bypass arah jembatan Aek Batang Angkola di Palopat Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan sekira bulan Nopember 2024 lalu sudah mulai nampak kerusakan, berlobang dan terus dilewati kenderaan yang bermuatan melebihi Tonase seperti, Truck CPO dengan SUMBU 3 (tiga) dengan muatan CPO 24 Ton, namun saat ini belum juga diperbaiki. Foto : UNH/haba RAKYAT.
PADANGSIDIMPUAN – haba RAKYAT | Pemeliharaan berkala jembatan dilaksanakan secara efektif setiap 3 (tiga) tahun untuk menjamin tidak adanya sesuatu yang tidak diharapkan terjadi.
Kegiatan pemeliharaan berkala yang terencana mencakup pengecatan ulang, penggantian lapisan permukaan, pembersihan jembatan secara keseluruhan, pemeliharaan peletakan dan landasan, penggantian expansion joint, serta perbaikan sederhana mencakup penggantian bagian- bagian kecil dan elemen yang kecil, perbaikan tiang dan sandaran, perbaikan tebing yang longsor dan terkena erosi, dan perbaikan bangunan pengaman yang sederhana.
Pantauan awak media bahwa, perbaikan lantai di titik yang berlobang pada jembatan Aek Batang Angkola Palopat, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan pernah diperbaiki di akhir tahun 2023 lalu, namun ada indikasi mutu atau kualitas perbaikan lantai jembatan yang berlobang itu diduga tidak Kuat, sehingga rusak kembali.
Sementara itu, jembatan tersebut merupakan lalu lintas Truck pengangkut CPO dari PMKS di daerah Pantai Barat Kabupaten Mandailing Natal menuju Dumai atau Belawan.
Uba Nauli Hasibuan, S.H. (57) Sekretaris Umum NGO Lembaga Independen Pengawasan Pejabat & Aparatur Negara Sumatera Utara (LIPPAN SU) mengatakan bahwa, “Kerusakan ruas jalan pada jembatan Aek Batang Angkola di Palopat Jalan Bypass ini, sekira bulan Nopember 2024 lalu sudah mulai nampak kerusakan lantai jembatan ini, namun belum berlobang dan terus dilewati kenderaan yang bermuatan melebihi Tonase seperti, Truck CPO dengan SUMBU 3 (tiga) dengan muatan CPO 24 Ton ditambah lagi berat kosong Truck sekitar 9 Ton, seharusnya Truck harus SUMBU 4 (empat), sehingga tekanan ke Ruas jalan tidak berat. Akibatnya badan jalan pun banyak yang rusak disepanjang jalan Bypass ini.
Lantai jembatan Aek Batang Angkola di Jalan Bypass (Jln. Jend. A. Harus Nasution) Kota Padangsidimpuan ada 3 (tiga) titik berlobang, belum diperbaiki PUPR PROVINSI SUMUT, yang dilalui lintas Truck pengangkut CPO dari PMKS di daerah Pantai Barat Kabupaten Mandailing Natal menuju Dumai atau Belawan. Foto : UNH/haba RAKYAT.
Ada ketentuan pidana bagi penyelenggara jalan yang abai terhadap kerusakan jalan sesuai wewenangnya. Pasal 273 pada UU No.22/2009 menyebutkan bahwa , “Setiap penyelenggara jalan yang tidak dengan segera dan patut memperbaiki jalan yang rusak yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” sebutnya.
Lebih lanjut, sehingga menimbulkan korban luka ringan dan/atau kerusakan kendaraan dipidana kurungan paling lama 6 bulan atau denda maksimal Rp.12 juta.
“Kemudian kalau sampai mengakibatkan luka berat, pelaku dipidana kurungan maksimal 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp. 24 juta,. Jika korban meninggal dunia, dapat dipidana penjara hingga 5 tahun atau denda paling banyak Rp.120 juta”, tegas U. Nauli di jalan Bypass, Rabu 8/1/2025 pada sejumlah wartawan.
Kepala UPT Provinsi khusus yang membidangi jalan dan jembatan saat ingin di konfirmasi tentang kondisi kerusakan ruas jalan dan lantai jembatan yang berlobang yang dikhawatirkan bisa menelan korban si pengguna kenderaan.
Namun tidak bertemu kepala UPTD, Staff yang ada di Pos penjagaan mengatakan bahwa, “Kepala UPTD lagi keluar dan bisa langsung ke Medan, saat dimintai nomor Kepala Kantor agar bisa di hubungi, maka jawabnya TIDAK ADA NOMOR Kepala sama saya”, terang Staff pada sejumlah wartawan.
UNH/hR
.