banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Sekda Aceh Selatan Lepas Ribuan Peserta Jalan Sehat

banner 120x600

Acara jalan sehat dan aksi kutip sampah yang mengambil Start/Finish di Taman Pala Indah di depan Masjid Apung Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan, Minggu (17/9/2023).

ACEH SELATAN – haba RAKYAT | Ribuan warga Tapaktuan dan sekitarnya mengikuti jalan sehat dan aksi kutip sampah. Acara jalan sehat yang mengambil Start/Finish di Taman Pala Indah di depan Masjid Apung Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan, Minggu (17/9/2023).

Acara jalan sehat dan aksi kutip sampah tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, unsur Forkopimda, Wakil Pimpinan Perusahaan Serambi Indonesia Firdaus Darwis, Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan Aceh diwakili oleh Kabid Tata Lingkungan dan Pengendalian Pencemaran Joni, ST, MT, Ph.D, Ketua TP-PKK Aceh Selatan.

Selain itu juga turut berhadir Ketua Persit, Ketua Bhayangkari, Ketua Dharma Wanita, Staf Ahli, Kepala Skpk, Camat dan unsur Muspika, Pimpinan Instansi Vertikal, Perusahaan dan Perbankan, Pimpinan Organisasi, Yayasan dan Komunitas, Insan Pers dan Peserta Jalan Sehat.

Kegiatan ini di lepas langsung oleh Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP bersama unsur Forkopimda, kegiatan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian acara dalam rangka Peringatan World CleanUp Day (WCD) Tahun 2023 yang serentak dilaksanakan di seluruh dunia.

Setelah melaksanakan pelepasan peserta, Sekda Aceh Selatan bersama unsur Forkopimda, Instansi Vertikal dan Unsur Muspika bergabung dengan ribuan peserta dan mengikuti rute acara yang telah ditentukan.

Adapun untuk rute, yakni setelah di lepas di RTH Taman Pala Indah didepan mesjid terapung, peserta akan berjalan ke simpang kuala wangi, menuju bundaran tugu cerana.

Kemudian Bundaran Masjid Agung Tapaktuan, lurus ke tegu pala dan menuju Polsek Tapaktuan lalu Belok kanan dan menuju masuk lapangan panggung utama depan mesjid terapung (Finish).

Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP mengatakan kegiatan jalan sehat, serta rangkaian acara lainnya yang telah dilaksanakan sejak tanggal 15 september lalu, yakni Sosialisasi dan edukasi pengelolaan sampah, serta Aksi bersih-bersih dalam rangka peringatan World Cleanup Day (WCD) atau hari bersih-bersih se-dunia.

Kiranya dapat menjadi momentum yang menggugah kesadaran kita semua, untuk peduli terhadap lingkungan, dengan berorientasi pada semangat 3R (Re-fuse, Re-use, dan Re-cycle).

Berbagai program pemerintah melalui dinas lingkungan hidup untuk meningkatkan kesadaran dalam memilah dan mengelola sampah, seperti ‘Sampahmu, adalah tanggung jawabmu’ serta ‘Pilah sampah dari rumah’ membutuhkan dukungan dari kita semua agar dapat berjalan dengan optimal, tutup Sekda.

(Rizky Sufi Riansyah)

banner 325x300