banner 728x250
DAERAH  

Suasana Haru Warnai Pisah Sambut Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara

banner 120x600

Aceh Utara, haba RAKYAT | Pada 18 Mei 2022 yang lalu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr. H. Iqbal, S.Ag, M.Ag telah melantik Drs. H. Maiyusri, M.Ag menjadi Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara dan H. Salamina, S.Ag, MA sebagai Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur bersama 15 pejabat administrator lainnya di lingkungan Kemenag Aceh.

Pasca pelantikan tersebut, seluruh pejabat eselon III yang terkena rotasi atau mutasi melakukan kegiatan pisah sambut antara pejabat lama dengan yang baru, sebagaimana terlihat di Kabupaten Aceh Utara.

Acara Pisah Sambut Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara yang baru, Drs H. Maiyusri, M.Ag dan Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara yang lama, H. Salamina, S.Ag, MA berlangsung di Aula PLHUT Kankemenag Kabupaten Aceh Utara, Selasa (07/06).

Sebelum pindah tugas ke Aceh Utara H. Maiyusri menjabat Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Aceh dan H. Salamina kini menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Timur.

Amatan media ini, acara Pisah Sambut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Utara, selain dihadiri Kasubbag TU, Drs. H. Jamaluddin, M.Pd, sekaligus memandu acara juga para Kasi dan Penyelengara Kantor Kemenag Aceh Utara. Turut hadir Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan, Pengawas Madrasah/Sekolah, para Penyuluh, pimpinan dayah, tokoh agama dan masyarakat serta tamu undangan lainnya. Selain itu, terlihat juga rombongan dari Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Timur dan Bireuen.

Mengawali acara pembacaan gema Wahyu Ilahi oleh Ustadz Hafiz Al-Mansuri sekaligus memimpin salawat badar, sehingga suasana semakin khidmat

Dalam sambutannya, H. Salamina menyampaikan kata-kata perpisahan di hadapan hadirin dan mengucapkan apresiasi dan syukran atas kemitraan selama ini.

“Terima kasih atas dukungan dan kerjasama segenap jajaran ASN yang selama ini telah membantu dalam mengemban tugas dan juga Pemerintah Kabupaten Aceh Utara selama 4 tahun, 11 bulan, 16 hari saya menjabat,” kata H. Salamina sembari matanya berkaca-kaca penuh haru.

Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf bila ada kekurangan dan kesalahan, baik tutur kata maupun perbuatan termasuk jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan selama ia bertugas di Kemenag Aceh Utara.

“Semua yang kita lakukan itu adalah untuk kebaikan lembaga tercinta menuju ke arah yang lebih baik semasih umur di kandung badan,” ujarnya.

Dengan adanya jabatan, tidaklah menjadi sebuah kesombongan, akan tetapi jadilah sebuah washilah yang bermanfaat bagi yang lain serta mampu beramal ma’ruf dan nahi mungkar, tambahnya lagi.

“Mohon didoakan kepada kami agar senantiasa sehat dan dalam lindungan Allah Swt serta senantiasa mendapat petunjuk dan hidayahNya,” harap Salamina.

“Sesungguhnya manusia hanya bisa berencana, namun Allah Swt yang menentukannya. Bila diberikan amanah sebagai pemimpin, maka bersiaplah diri untuk menjalankan amanah yang diberikan Allah dengan sebaik-baiknya serta penuh keikhlasan,” ungkap Salamina.

Selanjutnya, ucapan selamat jalan dan selamat datang kepada kedua pejabat disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Utara, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA dengan sebuah pantun. Isi pantun yang dibacakan mengandung makna kesan pesan yang begitu mendalam, yang membuat terkesimanya para hadirin.

Kesan dan pesan mewakili ASN Kemenag Aceh Utara disampaikan Dr. Nazaruddin, MA. “Selamat jalan bapak H. Salamina dan ibu ke tempat tugas baru di Kabupaten tetangga, Aceh Timur dan terimakasih atas semua yang telah bapak lakukan, termasuk nasehat/wejangan dan pembinaan terhadap kami di Kemenag Aceh Utara selama ini,” ucapnya.

Kepada H. Maiyusri diucapkannya selamat datang dan selamat bertugas di Aceh Utara. “Kami segenap jajaran Kemenag Aceh Utara siap menerima kehadiran dan membantu bapak dalam menunaikan tugas yang mulia ini,” tegas Nazaruddin.

Sementara itu, sang pejabat baru H. Maiyusri mengatakan, dirinya masih mengharapkan masukan-masukan yang bermanfaat demi kemajuan bidang pendidikan dan keagamaan di Kabupaten ini serta bisa menjadi contoh bagi yang lainnya.

“Acara lepas sambut pada hari ini dan dengan kepergian bapak H. Salamina kiranya tidak mengurangi semangat atau gairah dalam melaksanakan tupoksi masing-masing,” harapnya kepada segenap ASN.

“Sehebat apapun dan di manapun seorang suami bekerja perlu motivasi dari seorang isteri, para ibu-ibu Darmawanita,” ucap H. Maiyusri.

Kepada H. Salamina diucapkan dan didoakannya juga, sukses bertugas di Aceh Utara dan semakin sukses di Aceh Timur.

Kami masih membutuhkan pikiran dan saling sharing dalam membangun Kemenag demi kemajuan lembaga di masa mendatang. “Walaupun saya putra Sawang Aceh Utara, akan tetapi saya masih seorang tamu dalam sebuah jabatan di kantor ini. Oleh karenanya, arahan dan masukan untuk kemajuan jajaran Kemenag Aceh Utara sangat saya harapkan,” tandasnya.

Acara ditutup dengan doa yang dibacakan Ketua Pokjaluh Kankemenag Aceh Utara, Drs. H. M. Djakfar Hasbi, M.Ag.

Amatan haba RAKYAT, di penghujung acara terlihat suasana salam-salaman dan penyerahan cenderamata serta foto bersama. (Yoes/hR)

banner 325x300