banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Sumiyati, Pranata Humas Dinas Infokom Kota Langsa Raih Gelar Doktor Sejarah S3 di Undip Semarang

banner 120x600

Penyerahan gelar doktor sejarah dari program Studi Ilmu Sejarah Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, kepada Sumiyati, Pranata Humas, Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota (Pemko) Langsa yang meraih lulus ujian S3, di Undip Semarang. Foto : Syafrizal R/haba RAKYAT

LANGSA – haba RAKYAT | Sumiyati, Pranata Humas, Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota (Pemko) Langsa pada, 28 Mei 2024 telah lulus ujian S3 dan mendapat gelar doktor sejarah dari program Studi Ilmu Sejarah Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Dr. Sumiyati dalam sidang tertutup Doktor Fakultas Ilmu Budaya Undip yang belangsung dari jam 13.00 Wib sampai jam 15.00 Wib, berhasil mempertahankan disertasinya dari pertanyaan 5 Guru Besar Sejarah yang merupakan Dewan Penguji di Undip. Judul disertasi Sumiyati yang diangkat dan berhasil dipertahankannya itu berjudul : “Dinamika Masyarakat Kosmopolitan Di Langsa Aceh Timur Tahun 1902-2012”.

Dewan Penguji terdiri dari: Prof. Dr. Alamsyah, M. Hum. (Ketua Penguji), Prof. Dr. Singgih Tri S., M. Hum. (Promotor), Prof. Dr. Yety Rochwulaningsih, M. Si. (copromotor), Prof. Dr. Phil. Ichwan Azhari, M. S. (copromotor), Prof. Dr. Wasino, M. Hum. (Universitas Negeri Semarang / Penguji Luar), Prof. Dr. Dhanang Respati Puguh, M. Hum. (Anggota).

Ketua Sidang dalam sidang penutup sidang Doktor Sumiyati menyampaikan bahwa Fakultas Ilmu Budaya saat memiliki 1 Program Studi Doktor, yaitu Program Studi Doktor Sejarah. Sdri. Dr. Sumiyati, S. Pd., M. Si. merupakan Doktor ke 5 yang dihasilkan oleh Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Sejarah, katanya.

Promotor Sumiyati, yakni Prof Dr. Singgih dalam pidato penutupnya menyampaikan selamat dan sukses atas diraihnya gelar doktor oleh saudari Sumiyati. Semoga ilmu dapat di aplikasikan. Disebutkan oleh promotor dalam sambutannya Dr. Sumiyati telah melewati proses studi yang panjang yang memerlukan pengorbanan, baik itu waktu, tenaga, dan biaya.

Setelah dilantik menjadi doktor sejarah ke 5 dari Universitas Diponegoro Semarang, Dr. Sumiyati menyampaikan harapannya, “Agar penelitian disertasinya ini dapat menjadi manfaat untuk masyarakat dan menjadi bahan referensi penelitian selanjutnya bagi masyarakat Langsa”, harap Sumiyati.

Dalam pengembangan karir selanjutnya, Dr. Sumiyati akan mengembangkan ilmunya bagi kepentingan masyarakat Langsa. Pada saat ini Dr. Sumiyati tercatat sebagai ASN di Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) Kota Langsa, (Pranata Humas Kota Langsa).

Syafrizal R/hR

banner 325x300