Tanaman Padi Roboh Akibat Hujan Dan Angin Kencang, Petani Pidie Merugi

banner 120x600

Sigli, haba RAKYAT | Diterpa hujan disertai angin kencang yang terjadi dalam beberapa hari ini, menyebabkan sebagian tanaman padi roboh, seperti menimpa areal persawahan di Gampong Cot Meulu, Kecamatan Peukan Baro, Pidie, Provinsi Aceh.

Hal ini menyebabkan kerugian dialami petani Kondisi ini mengakibatkan petani menderita kerugian, karena harus mengeluarkan biaya ekstra (upah) untuk pekerja, juga kondisi ini menurunnya hasil panen mereka.

Para petani di Gampong Cot Meulu mengakui, tingginya intensitas hujan disertai angin kencang membuat tanaman pidi milik mereka roboh, tetapi tidak membuat tanaman padi mereka gagal panen.

Abdurahman, seorang petani setempat kepada awak media ini, Sabtu (19/03/2022) mengatakan, hampir semua tanaman padi di sawah miliknya roboh, sehingga ia mengalami kerugian besar. Hal itu, sebutnya, lantaran banyak biaya yang harus dikeluarkannya untuk membeli pupuk dan obat-obatan serta biaya untuk memperbaiki tanaman yang roboh.

“Ini sudah beberapa kali saya mengalaminya, sangat banyak biaya yang harus saya keluarkan,” ungkap Abdurrahman.

Sebagaimana diketahui, hujan deras dan angin kencang, dalam beberapa minggu terakhir melanda pidie, dan faktor cuaca ini cukup mempengaruhi aktifitas masyarakat, khususnya para nelayan dan petani.(AA/hR)

banner 325x300