banner 728x250
DAERAH  

Tingkatkan Pengawasan ASN, Bupati Aceh Barat Sidak OPD

banner 120x600
banner 468x60

Meulaboh, haba RAKYAT | Pasca libur Nasional hari raya idul fitri 1443 H / 2022 M, Bupati Aceh Barat H. Ramli MS melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke 2 Dinas dan 1 Rumah sakit dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat, yakni di Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (09-05-2022).

Sidak di hari pertama masuk kerja tersebut, dibagi kedalam 9 kelompok, diantaranya kelompok pertama dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Barat yang mengunjungi 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kemudian kelompok dua dipimpin oleh Sekda Aceh Barat, Marhaban SE., M.Si., dengan sasaran 7 OPD.

banner 325x300

Kelompok tiga, dikomandoi oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan rakyat yang memantau 6 OPD, kemudian Asisten Perekonomian dan Pembangunan memimpin sidak kelompok empat di 6 OPD dan Asisten Administrasi umum memimpin kelompok lima dengan sasaran di 7 OPD.

Sedangkan staf ahli Bupati bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan, memimpin kelompok enam dengan sasaran 4 OPD, dan kelompok tujuh dipimpin oleh staf ahli bidang ekonomi, pembangunan, dan keistimewaan Aceh yang mengunjungi 6 OPD serta staf ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik memimpin kelompok delapan dengan sasaran 7 OPD. Sementara Kepala BKPSDM Aceh Barat memimpin tim ke sembilan yang mengunjungi 3 OPD.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Barat, Ramli MS, mengatakan tujuan sidak pasca libur panjang idul fitri tahun ini adalah untuk meningkatkan pengawasan terhadap kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di setiap Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dalam lingkup Pemkab Aceh Barat pada hari pertama masuk kerja yakni tanggal 9 Mei 2022 ujarnya.

Ia menyampaikan pelaksanaan pengawasan tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan dan memeriksa absensi kehadiran ASN pada setiap SKPK Aceh Barat tuturnya.

“Kami ingin melihat tingkat kedisplinan para ASN di hari pertama masuk kerja pasca libur panjang idul fitri. Jika ada ASN yang tidak masuk kantor maka akan didata dan diberikan tindakan lebih lanjut sesuai dengan aturan yang berlaku ucap Ramli MS.

Menurutnya, kedisiplinan ASN sangat penting dalam tata kelola pemerintahan yang baik, terutama dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Jangan sampai setelah libur panjang, kinerja para ASN menjadi menurun sehingga akan berimbas pada menurunnya kualitas pelayanan publik tuturnya.

Selain melakukan pemantauan, kata dia, kunjungan ini juga bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan saling maaf-memaafkan antara pimpinan daerah dengan seluruh ASN di lingkup Pemkab Aceh Barat usai merayakan hari raya idul fitri 1443 H tahun 2022 ini pungkasnya. (Muhibbul Jamil)

banner 325x300