banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Ukur Kemampuan Fisik Personel, Polres Aceh Utara Gelar TKJ

banner 120x600

Sejumlah personil Polres Aceh Utara ikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) yang dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi kondisi fisik dan kesehatan anggota Polri, Jum’at/22 September 2023. (Photo/hR/Ist).

ACEH UTARA – haba RAKYAT | Polres Aceh Utara melalui Bag SDM melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) periode ke II Tahun ini, kegiatan dijadwalkan terlaksana bagi seluruh personel pada tanggal 22, 26 dan 27 September 2023 di lapangan Mapolres Aceh Utara.

Tes Kesamaptaan Jasmani personel Polri adalah serangkaian tes fisik yang dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi kondisi fisik dan kesehatan anggota kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Hal itu diungkapkan Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera S, S.I.K melalui Kasi Humas Iptu Bambang, Jum’at (22/09).

“Tujuan dari uji kesamaptaan jasmani ini adalah untuk memastikan bahwa anggota Polri tetap dalam kondisi fisik yang prima sehingga dapat menjalankan tugas-tugas mereka dengan efektif dan aman,” ujarnya.

Dijelaskannya, alat ukur pengujian kesamaptaan jasmani terdiri atas tes lari 12 menit, pullup/chinning, sit up, push up dan shuttle run. “Berdasarkan umur, tes kesamaptaan ini digolongkan menjadi 4 golongan,” tambahnya lagi.

Lanjut Iptu Bambang, penggolongan berdasarkan usia ini berkaitan dengan penilaian dan perlakuan tes kesamaptaan jasmani. Untuk yang berusia 18 – 50 tahun (Gol. I – III) harus melaksanakan seluruh ujian TKJ. Sedangkan untuk yang berusia 51 – 58 tahun (Gol. IV) materi yang diujikan hanya berupa jalan kaki selama 20 menit atau dengan cara treadmill.

“Dengan memenuhi standar-standar yang ditetapkan dalam uji ini, anggota Polri dapat memastikan bahwa mereka siap dan mampu menjalankan tugas-tugas mereka dengan efektif, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dan tetap sehat selama karier mereka dalam pelayanan publik ini”, pungkasnya.

(Yoes)

banner 325x300