Utusan PWI Bireuen Lolos Seleksi Porwanas di Malang

banner 120x600

Bireuen, haba RAKYAT | Utusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bireuen, Fajrizal, lolos seleksi atlet Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang dilaksanakan PWI Provinsi Aceh.

Prestasi tersebut diraih wartawan yang akrab disapa Fajri Bugak ini, setelah dia unggul atas peserta lain yang mengikuti seleksi atlet cabang olahraga (cabor) lari kategori 5.000 meter di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (25/9/2022).

Dalam seleksi yang dipimpin langsung oleh Hamdani dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Aceh, Fajri berhasil waktu terbaik 31.44.66 menit, dengan rute tempuh sebanyak 13 kali putaran. Dia mengalahkan Puadi Safria, utusan PWI Aceh Barat, yang hanya mampu menempuh rute 11 kali putaran, dengan durasi waktu 34.34.36 menit.

Sementara satu atlet lagi, Hendra, dari PWI Aceh Jaya, didiskualifikasi karena terlambat datang ke lokasi seleksi.

Atas keberhasilan tersebut, Fajri Bugak dinyatakan berhak mewakili PWI Aceh untuk cabor lari kategori 5.000 meter yang akan mengikuti Porwanas XIII 2022 di Malang, Jawa Timur, pada 21-27 November 2022 mendatang.

Ketua PWI Bireuen, Ariadi B Jangka, sangat senang dan bersyukur atas kesuksesan Fajri Bugak lolos seleksi Porwanas. Dia mengaku, sejak awal dirinya yakin Fajri Bugak bisa lolos seleksi tersebut. Sebab, selama ini Fajri memang rajin berolahraga, tidak merokok, dan rutin latihan di Lapangan Paya Kareung.

“Makanya, sejak awal saya mendorong dan mensupport agar Fajri mengikuti seleksi atlet Porwanas. Alhamdulillah, utusan PWI Bireuen itu lolos dan berhak mewakili PWI Aceh ke ajang Porwanas di Malang,” ungkap Ariadi, bangga.

Menurut Ariadi, dalam mengikuti seleksi atlet Porwanas, dirinya merekomendasikan empat orang peserta untuk tiga jenis lomba, yaitu lomba foto, tenis meja serta lomba lari 3.000 meter dan 5.000 meter.

“Namun yang mengikuti seleksi hanya dua orang. Satu gagal dan satu lolos. Sedangkan dua orang lagi, tidak bisa hadir karena berhalangan saat hendak berangkat ke Banda Aceh,” jelas Ariadi.

Dia berpesan kepada Fajri Bugak yang telah lolos seleksi, untuk terus berlatih secara rutin. Sehingga, bisa mempersembahkan medali dan mengharumkan nama PWI Aceh di Porwanas nanti.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, PWI Aceh melalui Seksi Wartawan Olahraga (SIWO), melaksanakan seleksi atlet dalam rangka menghadapi Porwanas XIII 2022 di Malang. Seleksi digelar selama dua hari (24-25 September 2022) di Banda Aceh.

Terdapat 10 cabor yang diseleksi secara ketat, yaitu atletik kategori lari 3.000 meter untuk usia 40 tahun ke atas dan lari 5.000 meter untuk usia 27 tahun ke atas.

Selanjutnya, cabang biliar, bridge, dan catur. Dua lainnya yakni keterampilan jurnalistik berupa lomba karya jurnalistik dan lomba foto jurnalistik. (Umar A Pandrah)

banner 325x300