banner 325x300

banner 728x90

DAERAH  

Viral Video Dugaan Perundungan Anak, Polisi Amankan Tiga Pelaku

banner 120x600

Ilustrasi

ACEH UTARA – haba RAKYAT | Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Sat Reskrim Polres Aceh Utara melakukan penahanan terhadap tiga remaja kawanan pelaku bulliying di Aceh Utara yang videonya viral dan beredar luas whatsapp, Sabtu (09/09).

Dalam video itu memperlihatkan tiga orang anak dikeroyok oleh sekelompok anak lainnya yang masih di bawah umur. Kejadian itu dilaporkan terjadi pada Jumat (01/09/2023) di kawasan Rumah Cut Meutia Gampong Mesjid Pirak Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Mereka yang kini ditahan polisi itu yakni RA 17 tahun, kemudian MA 15 tahun dan TAI 16 tahun.

Sebelumnya kasus bulliying itu dilaporkan salah seorang ayah korban bernama Salihin ke Polsek Matangkuli. Dalam laporannya, Salihin menerangkan, jika anaknya MF dan dua temannya SR dan MZ dipukuli oleh para pelaku, diambil handphonenya dan dimintai sejumlah uang.

Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera S, S.I.K melalui Kasat Reskrim AKP Agus Riwayanto Diputra, S.I.K., M.H menyampaikan, jika kasus itu telah lebih dulu dilakukan upaya diversi atau restorative Justice di Polsek Matangkuli mengingat para pelaku masih di bawah umur.

“Upaya diversi yang dilakukan tersebut gagal dan pihak korban tetap ingin melanjutkan permasalahan tersebut secara pidana hingga kemudian pihak Polsek Matangkuli melimpahkan penanganan kasus ini ke unit PPA,” ungkap AKP Agus Riwayanto.

Ia menyampaikan, saat ini penyidik sudah memiliki bukti permulaan yang cukup untuk menjerat pelaku dengan Pasal 80 UU No.35/2014 jo Pasal 170 KUHP jo Pasal 368 KUHP dan mengamankan pelaku ke ruang tahanan khusus anak di Polres Aceh Utara.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan, AKP Agus menambahkan, para tersangka juga melakukan pengancaman dengan menggunakan sebilah parang dan melakukan pemerasan terhadap uang korban sebesar Rp 250.000.

AKP Agus menyayangkan peristiwa perundungan ini terjadi dan berharap kepada semua orangtua agar memperhatikan pergaulan anak-anaknya, jangan sampai salah pergaulan sehingga anak melakukan perbuatan yang melanggar aturan.

“Kejadian serupa agar tidak terjadi lagi dan jajaran Polres Aceh Utara berkomitmen akan memberantas tindakan-tindakan perundungan di wilkum Polres Aceh Utara,” pungkas AKP Agus.

(Yoes/hR).

banner 325x300